Rindukan Film-film dari Negara Matahari Terbit

Sudah sekian lama studio film Jepang tak segencar dahulu mengedarkan film-filmnya. Mungkin karena lesunya ekonomi di negara itu. Boleh jadi karena kalah bersaing dengan film-film Korea yang kini menyerbu berbagai penjuru dunia. Pun begitu makin banyak film-film yang menarik dan enak ditonton dari dunia perfilman Hollywood. Ditambah dengan peredaran film Hong Kong dan China yang selalu hadir meramaikan industri film internasional.

Padahal beberapa tahun yang lalu, film yang berhubungan dengan Jepang banyak dan mudah didapatkan. Genrenya pun macam-macam. Drama kehidupan. Ninja yang serba rahasia. Samurai yang berjuang demi kesetiaan dan harga diri. Komedi-komedi yang lucu sekaligus mengharukan.
Tak ketinggalan beberapa film anime dan film yang ada kaitannya dengan dunia permainan seperti video game.

Namun sekarang ini memang sedang paceklik film-film Jepang. Makin jarang ditemui di bioskop-bioskop. Setali tiga uang dengan di rental DVD.

Untuk tahun 2014 ini, paling penonton yang gemar menonton film Jepang hanya bisa menikmati film Rurouni Kenshin yang kedua; dengan latar belakang Kyoto. Ada juga film Oshin yang merupakan *remake* dari drama televisi populer jaman dulu dengan judul yang sama. Film Doraemon juga akan muncul. Katanya si kucing robot dari masa depan itu akan meninggalkan Nobita berhubung si Nobita sudah beranjak dewasa. Rumor mengatakan, film ini juga akan mengakhiri tayangan film dan serial televisi Doraemon.

Tentu saja sebetulnya ada banyak film lainnya yang diproduksi oleh sineas-sineas Jepang. Hanya saja mungkin tak terlalu menarik sehingga tak dirasakan gaungnya. Bila dianggap kurang menarik, wajar kalau pihak distributor film juga tak antusias mengedarkannya.

Yang jelas ada kerinduan untuk melihat film-film Jepang yang selalu memakai pendekatan sinematografi yang unik khas Jepang. Agak lambat plotnya, detil dengan karakter, dan selalu bisa menyentuh perasaan. Semoga di tahun-tahun yang akan datang, film-film Jepang bisa berkibar kembali. Sehingga bisa mengobati keinginan penggemarnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s