Konseling Akademis dan Karir

Ada perbedaan antara orang yang sukses dengan yang tidak sukses. Orang yang sukses mengerti dengan benar tujuan hidupnya, memahami tahapan-tahapan yang harus dilaluinya, dan sungguh-sungguh mengerjakannya dengan kerja keras.

Sedangkan yang tidak sukses, pada umumnya tidak memiliki tujuan hidup. Masih bingung dengan apa yang harus dilakukan dalam hidupnya. Bila bekerja keras pun menjadi tak maksimal karena tak mengerti dengan sungguh apa yang diinginkannya.

Sepertinya tahapan bertumbuh seseorang cukup sederhana. Sekolah di pendidikan dasar. Kemudian melanjutkan ke pendidikan tinggi; baik universitas atau akademi. Setelah lulus, lalu bekerja atau membuka usaha. Hanya saja tak semua orang lancar menapaki tahapan-tahapan tersebut.

Oleh karena itu, bila sekolah memiliki staf yang bisa memberikan konseling akademis dan karir, murid-muridnya bisa mendapatkan jalur yang mengarah ke cita-cita mereka dengan lebih jelas. Maklum bila para murid dan mahasiswa seringkali tak tahu yang mereka harus lakukan selain belajar sesuai kurikulum. Ditambah bahwa mereka masih labil karena usia yang masih muda dan belum terlalu berpengalaman.

Bahkan fungsi konseling akademis dan karir menjadi lebih signifikan bila orangtua siswa atau mahasiswa tak memiliki kemampuan untuk mengarahkan jalan pendidikan dan karir anak mereka.

Tentu konseling akademis dan karir bukan orang yang paling menentukan keberhasilan siswa dan mahasiswa. Justru yang paling berperan adalah siswa dan mahasiswa itu sendiri. Tugas konseling akademis dan karir hanya mengarahkan. Memberi jawaban yang berkenaan dengan informasi dan pengalaman.

Konseling akademis dan karir masih jarang didapati di sekolah dan akademia. Namun pengalaman membuktikan bahwa sekolah dan akademia yang memiliki layanan konseling akan mendapati alumninya menjadi orang-orang yang lebih berhasil dibanding mereka yang tak memiliki layanan mengarahkan jalan akademis dan karir siswa dan mahasiswa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s