Content Marketing

Marketing menggunakan konten bukan hal yang baru bagi saya. Sebutannya memang keren yaitu content marketing. Namun ternyata banyak yang belum saya pahami tentang industri ini.

Industri ini sedang booming di tanah air. Maklum karena munculnya banyak situs yang saling bersaing menarik pengunjung memang membutuhkan sesuatu yang menimbulkan ketertarikan pengunjung sekaligus meningkatkan trafik yang diperoleh dari mesin pencari; melalui aktivitas Search Engine Optimization.

Karena memang termasuk industri yang baru berkembang maka belum mencapai tingkat maturity dan saturity. Ada potensi yang terbuka lebar sekaligus belum adanya standarisasi. Asalkan bisa menulis, sepertinya sah disebut content marketing.

Masih banyak penghasil konten, baik blogger atau pun penulis, yang kurang dihargai dengan sistem pendapatan yang layak. Uniknya karena kebutuhan ekonomi, para penghasil konten pun rela banting harga. Banting harga seperti ini pun juga berimbas kuantitas melimpah tetapi kualitas kurang terjamin. Tulisan tanpa makna pun membanjiri dunia maya. Terutama konten yang memang ditujukan untuk ‘dibaca’ oleh robot mesin pencari ketimbang asupan buat pengunjung manusia.

Jelas ada kebutuhan akan konten, baik secara kualitas dan kuantitas. Namun belum cukup banyak penghasil konten yang berpengalaman dalam jumlah yang mencukupi. Bagi mereka yang ingin memiliki karir atau usaha dalam bisnis tulis-menulis, industri content marketing cukup menggiurkan saat ini. Terutama karena di tanah air, banyak yang ingin dan sebenarnya mampu menjadi penulis. Terlepas dari sebutannya; entah itu blogger, penulis, ataucopywriter. Pada intinya kerjaannya sama yaitu menghasilkan konten.

Content marketing sudah bukan barang baru tetapi masih perlu dipahami lebih lanjut. Menarik, bukan?

[tag menulis]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s