PT, CV dan Firma

Pertanyaan saya terjawab dengan gamblang hari ini. Pertanyaan yang sederhana. Apa sih bedanya PT, CV dan Firma? Sebelumnya hanya mengerti samar-samar. Kini sudah lebih mengerti.

Bukan bermaksud iklan, perbedaan ketiganya bisa dibaca di perbandingan yang dimuat oleh Lawindo.biz.

Ternyata ada beda dalam bentuk perusahaan, dasar hukum, pendiri perusahaan, nama perusahaan, modal perusahaan, bidang usaha, pengurus perusahaan, proses pendiriannya hingga perubahan anggaran dasar perusahaan. Banyak bedanya yang ternyata berpengaruh terhadap usaha yang hendak didirikan.

Tentu legalitas usaha memakan biaya tersendiri. Namanya juga investasi. Sebenarnya banyak usaha yang tak memiliki ijin usaha karena memang tak memiliki legalitas. Namun untuk mereka yang serius membangun bisnis, memiliki legalitas merupakan hal yang wajib.

Coba bayangkan bila suatu usaha yang besar kemudian dituntut oleh konsumen atau rekanan bisnis. Tanpa legalitas, suatu usaha menjadi rentan terhadap tuntutan hukum. Tanpa legalitas, pemilik usaha yang otomatis memikul semua tanggung jawab.

Tapi wajar bila usaha yang baru dirintis belum memiliki legalitas. Maklum karena memulai usaha itu beresiko. Kemungkinan gagal lebih besar daripada keberhasilannya. Ironis bukan bila suatu usaha sudah memiliki nama dan legalitas namun kandas dalam usia seumur jagung.

Legalitas itu memang penting dalam memulai usaha. Namun lebih penting untuk bertahan atau berkembang dalam melakukan usaha.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s