Bikin Situs Dengan WordPress

Saya sering mendapat pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bikin situs atau WordPress seperti ini. Oleh karenanya saya tuliskan saja pertanyaan dan jawabannya di sini.

Kalau mau buat website bagaimana?

Jawabannya sekarang ini praktis. Bikin saja pakai WordPress.

Alasannya sederhana. Gratis. Bila ingin fitur tambahan atau domain khusus untuk alamat URL tinggal bayar dengan kartu kredit. Lagipula WordPress menyediakan banyak hal yang sudah cukup untuk membuat suatu situs yang mumpuni. Tanpa perlu repot-repot mengatur web hosting, membeli domain melalui registar, dan menginstal beragam komponen situs.

Bukankah WordPress itu blog?

Pertanyaan berikutnya pun muncul. Memang benar adanya. Namun boleh dibilang WordPress sekarang ini juga bisa digolongkan sebagai Content Management System (CMS) yang memudahkan orang untuk mengatur dan memperbarui konten dan tampilan situs.

Apakah cuma WordPress saja? Lainnya?

Pilihan lainnya tak terbatas. Selain WordPress, ada juga engine berdasarkan PHP seperti Drupal dan Joomla. Selain itu banyak didapati situs yang dibuat menggunakan Ruby on Rails, Phyton, dan malahan sesederhana menggunakan HTML dan CSS. Namun tentunya memilih engine untuk suatu situs tergantung selera, kemampuan, dan kebutuhan masing-masing orang. Bila bisa sederhana dan praktis mengapa cari yang susah. Kecuali bila memang ingin membuat situs yang kompleks.

Lalu bagusnya WordPress.com atau WordPress.org?

Bila ingin praktis, bisa memulai dengan membuat akun gratis di WordPress.com. Layanan blognya mudah dimengerti dan digunakan. Memang ada batasan seperti tak seenaknya pasang iklan. Bila ingin lebih bebas, bisa memasang WordPress di web hosting sendiri yang mana lebih ribet dan memerlukan beberapa pemahaman lebih lanjut.

Inginnya sih WordPress tapi tampilannya keren. Bisa?

Tampilan keren itu mudah. Cukup memilih theme yang bagus. Beberapa themememang gratis namun sudah sangat keren tampilannya. Bila ingin yang lebih mantab, bisa membeli theme yang berbayar. Mulai dari harga yang murah hingga harga yang bikin kantong kempes.

Cuma ingin buat situs untuk komunitas

Menggunakan WordPress.com sudah cukup. Praktis. Bukankah lebih penting berkegiatan di dalam komunitas dibanding menghabiskan waktu terlalu banyak untuk membuat situs yang kompleks. Intinya membagi informasi.

Sepertinya lebih asyik pakai alamat .com

Ya itu relatif. Silakan saja kalau mau alamat .com. Lebih mudah diingat tentunya. Bila memakai WordPress.com, bisa membeli domain dari layanan tersebut. Harganya tak mahal, sekira 200 ribu Rupiah dengan kurs saat ini untuk satu tahun. Tak ribet. Bila menggunakan blog yang dihosting sendiri, tinggal menambah nama domain yang bahkan bisa lebih murah; meski agak ribet.

Kalau situsnya untuk diari pribadi?

WordPress juga bisa.

Dari tadi selalu merekomendasikan WordPress, kenapa?

Oo. Bukannya saya sales WordPress. Hanya saja saya pengguna WordPress–baik yang dari WordPress.com maupun yang hosting sendiri–sejak 2006. Sudah cukup lama. Saya merasa nyaman dengan engine WordPress untuk membuat blog atau situs saya. Lagipula sekira 25% situs di dunia menggunakan WordPress. Sudah terbukti. Banyak dipakai orang. Mudah digunakan. Plus WordPress sejak awal mendukung Open Source.

Saya ingin tanya-tanya lagi. Boleh?

Monggo. Cukup tinggalkan pertanyaan di kolom komentar. Bila ada waktu dan bisa menjawab, pasti dijawab. Semampu saya.

Untuk sementara ini begitu dulu ya

Baik. Silakan mengulik-ulik lagi di Internet bagaimana bikin situs. Semoga bisa lebih eksis dibelantara World Wide Web.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s