Mata Najwa dan Kick Andy

Dua-duanya merupakan acara talk show yang bermutu. Sarat dengan opini yang cerdas, dipandu oleh pembawa acara yang mumpuni, dan tokoh-tokoh yang didatangkan pun bervariasi, berpengaruh, dan menginspirasi.

Kedua acara perbincangan tersebut juga tak merasa perlu untuk mendatangkan penyanyi dangdut yang mengajak penonton bergoyang, memberikan kuis berhadiah, dan mengajukan topik yang kontroversial.

Justru topik mereka mencerminkan apa yang sedang dibicarakan di masyarakat luas. Bila pun tidak, topik mereka pasti akan mengangkat isu sosial yang menjadi masalah bersama. Dengan begitu, penonton di studio maupun di depan layar kaca bisa menambah wawasan.

Mata Najwa tampil dengan pertanyaan-pertanyaan yang tajam sehingga bisa mendapatkan jawaban yang lebih dalam dari narasumber. Najwa, sebagai pembawa acara, tegas dalam memotong pernyataan yang terlalu panjang dan bertele-tele. Dengan begitu, pemirsa tak menjadi bosan dengan jawaban datar yang kerap muncul di acara bincang-bincang lainnya.

Sedangkan Kick Andy menawarkan perbincangan yang lebih santai. Elaborasi dengan narasumber yang bisa memiliki lebih banyak waktu untuk membagi pikiran dan perasaannya. Andy pun tak segan juga ikut memberikan suara dan pendapatnya sehingga acara tersebut menjadi lebih bernyawa.

Semoga ke depannya, stasius-stasiun televisi di tanah air lebih tertarik untuk menghadirkan acara bincang-bincang yang lebih bermutu seperti halnya Mata Najwa dan Kick Andy.

Memang acara-acara tersebut tak selalu berbanding lurus dengan rating yang tinggi dan perolehan iklan yang besar. Namun dalam jangka panjang, acara-acara yang bermutu akan membuat pemirsanya betah untuk selalu mengikutinya karena mereka yakin bahwa mereka dicerdaskan dan diluaskan wawasannya; tak hanya sekedar membunuh waktu dengan acara hiburan yang membodohi masyarakat luas, tak bermutu, dan tak berguna.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s