Perang Komentar di Dunia Maya Terkait Jokowi dan Prabowo

Saat membaca-baca berbagai artikel berita di situs berita online, forum, blog; saya mendapati ada begitu banyak komentar yang menyertai topik seputar Jokowi dan Prabowo. Sedangkan topik di luar itu, sangat minim komentar.

Komentar pada topik Jokowi dan Prabowo memiliki karakteristik yang spesifik. Yaitu saling menyerang.

Artinya ada pemberi komentar yang mendukung satu pihak dan mereka yang mendukung pihak lainnya. Pendukung Jokowi melawan pendukung Prabowo.

Tidak peduli apakah artikel dalam berita tersebut netral atau berpihak, yang pasti selalu ada yang menjelek-jelekkan. Pun ada yang memuji setinggi langit.

Tentu hal seperti itu wajar adanya. Ada adu argumentasi dalam kolom komentar. Hanya saja lebih banyak debat kusir yang disertai caci-maki. Bukan hal yang baru, bukan?

Namun ada yang cukup mengganggu. Yaitu adanya orang yang memberi komentar berulang-ulang dengan komentar yang sama. Tak hanya dua kali. Malah ada yang lima kali berturut-turut. Tujuannya ingin membanjiri kolom komentar dengan opininya. Sangat memaksa kesannya.

Terus terang saya merasa kasihan dengan orang-orang yang harus memoderasi kolom komentar tersebut. Maklum karena banyak pemberi komentar yang mulai membuat flame comment. Tujuannya untuk menyerang pembaca lain yang memiliki komentar berseberangan.

Tugas moderator sederhana yaitu menghapus komentar yang mulai berbau SARA dan menyerang. Atau paling tidak menurunkan atau menyembunyikan komentar tersebut sehingga kolom komentar menjadi lebih netral. Namun dengan banyaknya banjir komentar yang tidak pada tempatnya, membuat moderator seperti tukang kebun yang mau tidak mau mencabuti rumput-rumput liar yang tumbuh di musim hujan. Tak ada habisnya.

Begitulah situasi di dunia maya. Berkomentar pada suatu artikel itu sah-sah saja. Bahkan diharapkan. Namun ada baiknya menahan diri dan melakukannya dengan etis. Tidak asal ketik dan memencet tombok kirim. Hormati pembaca lain yang membaca artikel dan komentar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s