Sinetron dan Kecelakaan Lalu-Lintas

Pernah lihat sinetron produksi rumah-rumah produksi di Indonesia? Beragam ceritanya dengan bertabur bintang; baik yang hanya modal wajah hingga yang benar-benar bisa berakting.

Latar belakangnya pun bisa macam-macam. Ada yang bernafaskan agama. Kisah tentang keluarga. Cinta, asmara dan dendam. Kehidupan sehari-hari. Apapun ada. Variasinya tak ada habis-habisnya meskipun terkesan itu-itu saja. Cenderung monoton dan alurnya bisa ditebak.

Lucunya banyak cerita-cerita tersebut memiliki kemiripan. Yaitu adanya adegan kecelakaan lalu-lintas. Yang terlalu sering dan menjadi hal yang biasa. Bahkan bisa menjadi momen yang penting yang mengubah jalan cerita. Aneh, bukan?

Semisal sinetron istri yang selingkuh dan meninggalkan suami dan anak-anaknya. Kemudian tiba-tiba tertabrak mobil dan luka sangat parah. Namun ditolong oleh suami yang telah ditinggalkannya. Kemudian sebelum menghembuskan nafas terakhir, si istri ini meminta maaf. Akhirnya dimaafkan sehingga bisa meninggalkan dunia nyata ini dengan tenang.

Cerita lainnya pun setali tiga uang. Seorang pejabat yang kaya raya, karena korupsi, memiliki temperamen yang sangat buruk terhadap keluarga dan orang-orang di lainnya. Suatu hari orang ini mabuk sembari mengemudikan mobil dengan ugal-ugalan. Tak dinyana ada truk barang yang ada di jalur yang sama. Terjadi tabrakan hebat. Kecelakaan ini menjadikannya lumpuh total. Kemudian pejabat yang jahat ini menyadari bahwa harta bukan segalanya. Ketika semua orang meninggalkannya, dia pun tersadar dan kembali ke jalan yang benar.

Apakah masih terasa aneh bisa terdapat adegan kecelakaan di sinetron tanah air? Mungkin iya. Mungkin tidak. Kenapa?

Bisa jadi karena di tanah air, yang mana lalu-lintas memang kacau balau dengan kemacetan yang ada di mana-mana dan ditambahi pula dengan tak memadainya infrastruktur jalanan di berbagai kota.

Oleh karena itu, kecelakaan lalu-lintas sering terjadi. Coba tanyakan pada orang-orang di sekitar Anda apakah mereka pernah mengalami kecelakaan lalu-lintas? Atau minimal pernah melihat sendiri suatu kejadian kecelakaan di jalanan.

Wajarkah bila sinetron menjadi cermin kehidupan nyata di tanah air? Bahwasannya kecelakaan kendaraan bermotor itu wajar. Bahkan menyeberang jalan pun bisa mendapat kecelakaan.

Cuma yang tak wajar adalah saat sinetron-sinetron tersebut tak memiliki plot yang menarik dan masuk akal. Masalah lebih mudah diselesaikan justru ketika ada kejadian kecelakaan di jalanan. Pun kecelakaan bisa menjadi suatu pewarna kejadian tragis yang sukses mendulang air mata penonton yang ikut sedih tokoh kesayangan mereka tabrakan.

Aneh atau tidak, begitulah kondisi lalu-lintas dan adegan yang jamak terjadi di sinetron tanah air. Kecelakaan lalu-lintas yang bisa terjadi kapan saja, di mana saja, dan siapa saja bisa menjadi korbannya.

Kapan ya lalu-lintas di tanah air menjadi lebih aman sehingga tak menjadi sumber inspirasi kejadian tragis di sinetron yang menghiasi layar kaca di Indonesia?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s