Menyoal Obesitas Yang Makin Jamak

Dengan jumlah populasi yang kian meningkat, banyak orang yang mengkhawatirkan perihal pasokan makanan yang tak akan cukup untuk semua orang. Berbagai pihak menyatakan dalam laporannya bahwa Bumi dalam tahun-tahun mendatang akan didiami oleh lebih dari 5 milyar orang.

Sanggupkah planet ini memberi makan semua orang yang mendiaminya? Mungkin sanggup. Namun karena tidak ratanya distribusi ekonomi dan sumber bahan makanan maka banyak penduduk dunia yang mati kelaparan. Sedangkan di belahan dunia yang lain justru ada sebagian yang kelebihan pangan.

Apakah hanya negara maju saja yang memiliki kelebihan pangan? Ternyata tidak. Baik negara maju dan negara berkembang ada saja yang memiliki kelebihan sumber bahan makanan. Kelebihan ini justru menjadi masalah tersendiri karena konsumsi masyarakatnya bertambah. Bahkan tak jarang konsumsinya berlebihan.

Kelebihan tersebut menjadi salah satu faktor meningkatnya jumlah orang yang obesitas. Kelebihan berat badan.

Faktor lain yang memperburuk keadaan yaitu adanya perubahan pola makan yang bergantung pada makanan tinggi kandungan Karbohidrat dan Lemak. Pun makanan memiliki kadar gula atau garam yang lebih tinggi dari tingkat normal.

Bagaimana dengan sayuran dan buah-buahan? Ternyata malah kurang diminati. Lagipula bahan makanan yang segar dan mentah tersebut malah lebih mahal daripada makanan siap saji dan makanan sederhana yang sekedar mengenyangkan; tanpa tingkat nutrisi yang mencukupi.

Tingkat ekonomi suatu negara juga berperan terhadap cara penduduknya memilih makanan. Ada cerita tentang masyarakat Amerika Serikat dengan daya beli yang rendah sehingga bergantung pada kupon makanan dan makanan yang asal murah meriah. Sayangnya makanan yang murah kebanyakan adalah makanan dari rumah makan waralaba siap saji. Dengan begitu, wajar bila jamak didapati warganya yang obesitas.

Indonesia pun juga termasuk salah satu dari 10 negara yang memiliki tingkat penduduk dengan obesitas yang tinggi. Mengkhawatirkan, bukan?

Obesitas tak hanya membuat seseorang kurang sedap dipandang dan sering menjadi faktor kurangnya kepercayaan diri. Obesitas memberikan peluang yang lebih tinggi bagi penderitanya terhadap berbagai penyakit. Hipertensi. Kencing manis. Gangguan jantung. Rendahnya tingkat kesuburan. Dan masih banyak lagi.

Obesitas jelas merupakan bahaya di masa kini dan di masa depan. Makin banyak yang kelebihan berat badan, makin banyak pula yang penyakitan. Tak benar bila ada yang membilang big is also beauty. Yang jelas makin gemuk seseorang, makin besar resiko terkena penyakit.

Meskipun obesitas makin jamak didapati di sekitar kita, bukan berarti kita diamkan saja. Justru jumlah obesitas yang meningkat menjadi indikasi bahwa pola hidup masyarakat menurun. Harus ada tindakan. Bisa mulai dari masing-masing dari kita. Menjaga berat badan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dengan pola yang benar; di samping rajin berolahraga. Kemudian mengingatkan mereka yang mengalami masalah obesitas untuk berbenah diri sehingga badan mereka menjadi lebih sehat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s