Tubuh Sehat, Jiwa Sehat

Benar kata pepatah yang mengatakan “di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat”.

Bila seseorang sehat tentu bisa beraktivitas dengan normal. Produktif. Secara aktif bergerak. Kondisi jiwa pun serta merta menjadi sehat.

Sebaliknya seseorang yang didera penyakit atau, paling tidak, kurang tenaga setiap saat pastilah berbeban jiwanya. Apalagi bila badan pasif dan tidak banyak bergerak. Entah malas bergerak atau memang tidak mampu bergerak karena kondisi tubuh yang lemah.

Oleh karena tidak cukup bergerak setiap harinya maka sirkulasi tubuh menjadi tidak lancar. Ujung-ujungnya, orang tersebut akan memiliki jiwa yang lemah.

Mengapa saya tiba-tiba menyoal tubuh sehat, jiwa sehat hari ini?

Alasannya sederhana. Pagi ini saya menyadari bahwa tubuh saya tidak terlalu sehat. Boleh jadi jiwa saya kurang sehat juga. Memang tidak sakit tapi mungkin kurang fit saja.

Padahal di waktu yang sama, ada mas-mas yang usianya mungkin di atas saya mampu membersihkan kebun di rumah saya dengan sangat cepat. Hanya beberapa jam saja di pagi hari sudah hampir kelar. Bisa dimaklumi karena badannya kekar dan sangat bertenaga. Ditambah lagi niat yang sungguh-sungguh.

Coba bila saya yang membersihkan kebun, sepertinya akan makan waktu beberapa hari. Mungkin beberapa minggu. Itu pun dengan niat yang pas-pasan dan mengerjakannya pelan-pelan.

Ada perbedaan yang mencolok. Itu dikarenakan kondisi badan yang berbeda. Lagipula saya memang jarang berolahraga dan bekerja secara fisik.

Dan itu memberikan kesadaran bahwa tubuh saya kurang kuat. Tidak terlalu sehat. Dengan begitu, ke depannya, tentu harus lebih banyak berolahraga dan beraktivitas fisik. Sehingga badan bisa lebih bugar. Dengan harapan jiwa saya pun menjadi lebih bersemangat.

Bagaimana dengan Anda sendiri, apakah Anda berpikir bahwa tubuh Anda sehat? Semoga. Bila tidak, tentu harus ada tindakan nyata untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Tinggalkan Balasan

