Juni dan Juli, Produktivitas Masyarakat Menurun

Tiga momen besar terjadi di Bulan Juni dan Juli di Indonesia. Ada Pilpres yang seru. Pertandingan piala dunia yang meriah. Ditambah bulan puasa yang suci.

Kampanye pilpres jelas berpengaruh terhadap produktivitas masyarakat karena banyak anggota masyarakat yang memberikan waktu dan tenaga mereka untuk mendukung capres dan cawapres pilihannya. Ada sekian banyak jam, hari, minggu untuk membantu mensosialisasikan program dan berkampanye. Bahkan para aparat pemerintah dan perangkat negara ada yang mengalokasikan waktu kerjanya untuk berkampanye, baik di dalam jam kerja maupun di luar itu. Produktivitas menurun secara signifikan hingga kelarnya pilpres.

Setali tiga uang, akan ada begitu banyak pasang mata yang menonton pertandingan sepak bola di layar kaca. Piala dunia. Sebuah momen yang dinantikan oleh penggemar sepak bola dan mereka yang tadinya tak mengikuti sepak bola. Coba perhatikan di tempat kerja dan di sekolah, banyak yang matanya merah dan mengantuk karena begadang mengikuti jalannya pertandingan di malam hari hingga pagi hari. Produktivitas? Menurun drastis.

Bagaimana dengan puasa? Seyogyanya mereka yang melakukan puasa sebagai bagian dari ibadah akan memiliki badan yang lebih fit dan segar. Bukankan efek dari puasa adalah pengaturan asupan yang lebih baik dan detoksifikasi tubuh dari racun yang menumpuk? Sayangnya, entah kenapa, efeknya umumnya berbalik 180 derajat. Banyak yang begadang, mengasup makanan terlalu banyak di malam dan pagi hari. Yang malah berimbas pada produktivitas. Menurun drastis terutama di siang hari. Tak sedikit yang memakai bulan puasa sebagai alasan untuk menurunkan ritme kerja dan tak bekerja maksimal.

Coba bayangkan bila tiga momen di atas terjadi di dua bulan secara bersamaan? Juni dan Juli. Pilpres. Piala dunia. Puasa. 3P.

Akibatnya dapat diprediksi. Penurunan produktivitas penduduk karena pilpres, piala dunia dan puasa. 3P karena 3P.

Apa mau dikata? Semoga setelah pilpres kelar, piala dunia berakhir dan tuntasnya puasa, akan ada pertumbuhan produktivitas penduduk sehingga roda ekonomi kembali berjalan seperti semula. Seperti saat sebelum adanya pilpres, piala dunia dan puasa.

Semoga…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s