Ronda, Pilpres dan Piala Dunia

Ada tradisi di kampung kami untuk melakukan ronda malam. Jaga malam secara bergiliran guna menjaga keamanan kampung. Setiap kelompok jumlahnya sekira 12 orang. Menjaga dari jam 10 malam hingga tengah malam.

Tentu saja bila ada 12 orang berkumpul, pasti ada suatu percakapan yang menarik. Umumnya menyoal apa yang sedang menjadi trend saat ini. Dan akhir-akhir ini pilpres dan piala dunia menjadi topik hangat. Selalu hadir dalam perbincangan. Entah serius atau sekedar angin lewat.

Tadinya yang ramai adalah pembicaraan seputar pilihan presiden. Entah menyoal calon presiden atau pun mempersoalkan calon wakil presiden. Tak begitu penting tentang program-program mereka. Malah biasanya candaan tentang capres dan cawapres sering muncul.

Namun begitu piala dunia sudah mulai tayang, pembicaraan mengenai pilpres berkurang secara drastis. Tak banyak yang peduli tentang pilpres. Kebanyakan sibuk membahas sepak bola yang terkait dengan pesta sepak bola di Brasil. Ditambah pula fakta bahwa televisi ada di pos ronda.

Acara ronda pun berubah menjadi nonton bareng. Menonton bersama pertandingan sepak bola yang kebetulan tayang jam 11 malam. Tak lupa bahwa dalam setiap ronda selalu ada suguhan. Cemilan ringan dan minuman hangat. Cocok, bukan?

Piala dunia sepertinya lebih memukau dan menarik perhatian ketimbang kedua pasangan capres dan cawapres yang sedang mensosialisasikan program-program mereka di masa depan. Yang mana kebanyakan berupa janji semata yang tak selalu ditepati saat kemenangan sudah diraih.

Beda sama sekali dengan pertandingan sepak bola. Siapa yang menang dan kalah langsung terlihat. Tak ada imbas besar terhadap penonton dan pendukung tim-tim yang bertanding. Paling menimbulkan efek mengantuk bagi mereka yang menonton di malam hari dan di pagi hari. Atau mereka yang berjudi. Tapi itu cerita lain.

Dan di akhir minggu ini pun bakal ada momen lainnya yaitu mulainya bulan puasa. Yang mana jumlah orang yang beraktivitas di malam hari lebih banyak sembari menunggu waktu berbuka puasa di pagi hari.

Malam-malam ke depan akan lebih semarak. Ada kegiatan puasa, pertandingan sepak bola di layar kaca dan perbincangan mengenai pilpres yang makin seru karena masa kampanye akan segera berakhir.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s