Risak

Menurut Anda apa arti kata ‘risak’? Tidak tahu? Apa mungkin malah belum pernah mendengarnya sama sekali?

Saya baru menemui kata tersebut gara-gara membaca artikel sebuah koran online nasional menyoal Tudung Fatimah dari Syahrini. Bukan Syahrini, selebritas sensasional ini, yang menjadi perhatian saya. Kata risak yang menjadi keheranan saya.

Ternyata risak sebanding dengan bully. Sudah lama saya penasaran kata apa yang kiranya tepat dengan kata bully dalam Bahasa Indonesia.

Dalam artikel tersebut rupanya para netizen merisak baju Syahrini yang warnanya kuning dari atas hingga bawah. Syahrini dirisak dengan kata-kata candaan yang bernada mengejek. Ada yang mengatakan baju kuning tersebut seperti pisang berlapis margarin. Begitu pula dengan beragam perkataan yang jelas tidak memuji.

Memang fakta bahwa baju yang dikenakan Syahrini tersebut memang jauh dari normal. Serba kuning yang meskipun mirip baju muslimah namun ternyata hanya tudung biasa. Bukan kerudung. Tak heran Syahrini menjadi bulan-bulanan di dunia maya.

Risak-merisak memang tindakan yang kurang baik. Sebuah penghakiman asal-asalan yang membuat malu yang dirisak. Namun tak bisa dipungkiri, ada saja tingkah laku para selebritas yang membuat para perisak menjadi gatal tangannya. Tingkah laku yang bikin alis mengerut memang mengundang perisakan. Jadi sudah ada resiko tersendiri bila selebritas bertingkah aneh kemudian menuai ejekan dan menjadi bahan tertawaan.

Merisak di dunia maya menjadi lebih mudah karena banyak perisak yang bisa bersembunyi di balik akun-akun anonim. Tak ada tanggung jawab sosial. Bahkan memang jelas pengecut karena berani merisak tanpa mempertunjukkan jati diri sebenarnya.

Bagaimana dengan Anda, apakah sudah pernah merisak orang lain di dunia maya? Semoga tidak. Apakah sudah pernah mengalami perisakan? Semoga juga tidak. Bila tingkah laku memang benar, tak ada alasan perisak akan merisak Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s