Notes di Mac

Tadinya saya meremehkan aplikasi Notes yang tersedia bersama OS X Mavericks. Terasa kurang nyaman dengan fitur yang terlalu sederhana. Bahkan pada awal-awal Notes tersedia dalam versi dekstopnya kesannya buggy. Sering bermasalah dan catatan-catatan kadang menghilang.

Untuk tulis-menulis singkat saya memilih untuk menggunakan Evernote ketimbang Notes. Evernote gratis dan memiliki fitur yang lengkap. Bahkan catatan yang saya buat selalu disinkronkan dengan Evernote di iPhone saya.

Sayangnya Evernote makin lama makin berat. Dipikir-pikir malah kurang praktis. Namun untuk mengoleksi beragam catatan penting, Evernote masih mumpuni. Bahkan mampu diandalkan. Lagipula layanan dasar Evernote gratis.

Kemudian saya beralih ke The Journalist. Aplikasi yang enak buat membuat catatan atau mengarang karena antarmukanya sederhana dan tidak memberikan distraksi. Kelemahan aplikasi ini terletak pada tidak sinkron di perangkat bergerak. Tapi sejauh ini memang aplikasi gratis ini memang paling mantab untuk mengarang panjang. Apapun yang dituliskan otomatis tersimpan di aplikasi tersebut. Tanpa harus menekan tombol Simpan setiap kali selesai menulis.

Eh, anehnya karena akhir-akhir ini sering menggunakan Notes karena butuh meletakkan catatan kecil tapi beda-beda akhirnya merasa nyaman dengan aplikasi ini. Tambahan pula karena otomatis apa yang tercatat di Notes bakal tersinkronkan sehingga dapat dilihat dan disunting di iPad atau iPhone.

Notes yang minim fitur ini memang berguna. Makin sering dipakai, makin bikin senang. Gratis pula. Malah rugi kalau tidak dipakai.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s