Kesan Pribadi Terhadap Forum Internet

Forum internet bukan barang baru di dunia maya. Hanya saja saya selalu merasa bahwa forum internet itu kurang bersahabat terhadap penggunanya. Singkat kata, susah pakainya.

Forum internet, yang umumnya juga disebut sebagai message board, web forum atau malah disingkat sebagai forum, memiliki antarmuka yang cukup kompleks. Disamping itu juga ada aturan-aturan yang berasal dari penyedia layanan forum sendiri. Aturan tertulis dan tak tertulis juga dibuat oleh para admin dan moderator.

Mengenai tampilan internet forum terus terang saya harus mengelus dada. Dari jaman dulu hingga era yang lebih modern, antarmuka forum masih sama saja. Bentuknya masih jendela-jendela dengan banyak thread, kategori dan pohon direktori.

Untuk membuat posting, harus memasukkannya ke kategori dan thread yang sesuai. Bila tidak maka otomatis bisa dihapus oleh admin yang aktif bertugas.

Bahkan konsep membuat thread pun sampai sekarang kurang saya pahami. Mengapa harus ada thread dan bukannya tag atau label. Mungkin memang dari dulu memang begitu teknologinya.

Yang kurang nyaman adalah saat hendak membuat postingan baru. Ternyata setelah selesai mengetik dan menambah gambar, eh, harus mengisi kolom isian dengan captcha. Sepenuhnya saya sadar bahwa fitur pengaman ini diperlukan karena ada saja pengguna yang ingin menempatkan banyak postingan tidak penting atau spammy. Jauh berbeda dengan memperbarui status atau memberi komentar di layanan jejaring sosial.

Ada memang perbedaan forum yang dulu dengan sekarang. Yaitu kecepatan proses berpindah halaman, memberikan komentar dan menjelajahi konten forum. Namun secepat-cepatnya forum tak akan menyamai kecepatan layanan jejaring sosial. Terutama ketika hendak memposting artikel, mengunggah gambar dan menyematkan video. Makan waktu yang terlalu lama.

Bicara tentang kontennya. Tergantung forum yang diikuti, kontennya berasal dari tulisan dan gambar yang orisinal para penggunanya. Namun sekarang ini terkesan lebih banyak comot dari konten di luar forum. Jadi untuk apa ikut forum bila bisa mendapatkan konten yang lebih banyak dengan cepat hanya dengan memakai mesin pencari.

Forum, setahu kesan yang saya dapatkan dari diskusi dengan teman, juga diminati karena pengguna bisa menggunakan nama anonim. Disamping itu sifat forum yang tertutup dari dunia luar membuatnya menjadi medium yang lebih bebas untuk berkomunikasi, membagi informasi dan bertukar opini. Oleh karena itu, wajar bila forum mengharuskan penggunanya untuk mendaftar dan login. Fungsi administrator dan moderator pun juga dibutuhkan sebagai pengguna yang bisa membuat suatu forum lebih aktif sekaligus lebih nyaman untuk banyak anggotanya.

Beberapa hari terakhir ini saya mencoba untuk menggunakan beberapa forum yang ada di Indonesia. Tak tanggung-tanggung. Enam forum yang paling besar penggunanya di tanah air.

Kesan yang saya dapatkan. Forum itu layanan yang berguna. Saya percaya bahwa sebagian besar penggunanya juga mendapatkan keasyikan mereka sendiri. Hanya saja forum bukan medium yang saya sukai. Tak ada kenyamanan dan kemudahan saat memakainya.

Sungguh. Saya masih bingung cara menggunakannya. Tak familiar. Perlu waktu untuk menggunakannya selain membaca-baca forum; yang hadir dengan jenis font yang kurang elegan.

Dari enam forum, hanya tiga forum di mana saya bisa mendaftar, memposting dan memberikan komentar. Entah kenapa, tiga forum sisanya membuat saya frustasi. Meskipun sudah bisa login tapi tetap saja tak bisa memposting dan berkomentar.

Dengan kesan yang saya terima, saya pribadi berasumsi bahwa cepat atau lambat forum akan ditinggalkan oleh penggunanya. Terlebih dengan adanya layanan jejaring sosial yang lebih mudah digunakan; barik dari layar dekstop maupun perangkat bergerak. Coba bandingkan dengan forum. Hanya satu atau dua yang bisa dinikmati dari ponsel.

Forum sudah ketinggalan jaman. Bahkan ketika beberapa forum sudah memperbarui layanan dan menyempurnakan tampilannya, konsep bertukar pesan ala forum sudah tak lagi menarik.

Namun semua pendapat saya di atas mungkin berbeda dengan orang lain. Sesulit-sulitnya saya menggunakan layanan internet, forum adalah layanan internet yang paling membingungkan buat saya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda rajin dan suka menggunakan forum? Mungkin pula ada dari Anda yang sama-sama frustasi menggunakan forum seperti saya?

Tinggalkan Balasan

