Jebakan Batman di Facebook

Facebook menjadi tempat berinteraksi banyak orang di dunia maya. Ada yang memang niatnya bisa terkoneksi dengan teman, keluarga dan handai taulan. Juga ada yang ingin sekedar mencari teman baru. Bahkan ada yang hanya sekedar ikut-ikutan dan ingin tahu jejaring sosial ini.

Seperti halnya realitas berhubungan dengan banyak orang, banyak juga interaksi yang memiliki ‘modus’ tertentu. Sesuatu yang tak hanya sekedar berteman. Namun tindakan yang boleh jadi karena iseng, sengaja merugikan orang lain atau hendak mencari keuntungan pribadi. Selalu saja ada motif yang berada di zona abu-abu. Tak jelas apakah ini baik atau tidak. Namun eksis di jejaring sosial seperti laiknya interaksi manusia di kehidupan nyata.

Oleh karena itu, selalu saja ada ‘jebakan batman’ yang bisa ditemui, baik sengaja atau tidak, di dunia jejaring maya. Bukan hanya Facebook tentunya. Jejaring sosial yang lain pun rentan jebakan batman. Hanya saja, Facebook menjadi tempat yang paling ramai dan menjadi sasaran bagi pemasang jebakan batman untuk mendapatkan mangsanya.

Mari kita lihat bersama, jebakan apa saja yang ada di Facebook.

Kenalan untuk MLM

Tak ada yang salah dengan usaha MLM. Sah-sah saja. Toh bagi-bagi rejeki dengan mengajak sebanyak mungkin orang untuk berjualan secara ‘berjemaah’.

Hanya saja, rasanya malas bukan ketika ada undangan pertemanan di Facebook eh ternyata ujung-ujungnya diajak untuk gabung MLM. Belum lagi kalau menolak terus tiba-tiba didiamkan atau unfriend. Ditambah lagi dengan adanya newsfeed yang dipenuhi oleh kata-kata motivasi penuh motif dan produk-produk yang dijual.

Asmara Dunia Maya

Pernah melihat profil seseorang dengan tulisan ‘bekerja di PT. Cinta Abadi’? Tak hanya satu dua tetapi banyak. Mereka ini memang orang-orang yang suka menjalin pertemanan berujung asmara di dunia maya.

Sebenarnya tak ada masalah dengan asmara dunia maya. Toh, siapa tahu kalau memang jodoh malah bisa keterusan di dunia nyata. Menikah dan bahagia untuk selama-lamanya.

Sayangnya hanya segelintir yang menjadi cinta sejati. Umumnya hanya cinta-cintaan. Permainan cinta yang palsu. Semata-mata ingin bersenang-senang. Hitung-hitung membunuh waktu dan kebosanan dengan keisengan penuh romansa.

Kalau sama-sama iseng merajut renda asmara di dunia maya tak apa-apa. Kasihan bila ternyata salah satu pihak benar-benar jatuh cinta sedangkan di ujung dunia maya yang lain malah menganggapnya tak serius. Hanya mainan belaka. Celaka, bukan?

Lagipula di dunia maya di mana banyak orang bisa bersembunyi di profil Facebook fiktif, tak ada jaminan orang yang menjalin cinta dengan Anda tak memiliki hubungan cinta yang lain. Semisal dengan orang lain di dunia nyata. Parahnya lagi bila sekaligus memiliki pasangan cinta lebih dari satu di dunia maya. Nah, lho?

Ada Teroris di Balik Cewek Seksi

Nah ini dia. Bagi banyak mata lelaki, sulit untuk menampik gambar-gambar perempuan berbadan seksi dengan tampilan yang mengundang decak kagum. Menarik. Itu sepintas yang terlihat dari foto profil. Membuat lelaki iseng tak ambil pusing untuk mengirimkan undangan berteman.

Setelah konfirmasi terjadi. Eh, ternyata newsfeed dari cewek seksi tersebut berisi artikel-artikel bertema radikalisme dan penentangan. Gambar-gambarnya pun menampilkan adegan kekerasan dengan tulisan Arab yang tak dipahami banyak orang.

Apakah seseorang ingin direkrut sebagai anggota teroris itu merupakan urusan masing-masing orang. Tapi yang mengecewakan adalah tak adanya gambar-gambar cewek seksi lainnya di newsfeed.

Sensasi Penangguk Jempol

Benar kata orang bahwa hal yang sensasional itu membuat orang tertarik. Sedangkan yang biasa-biasa saja itu membosankan. Makin bombastis suatu artikel atau gambar di newsfeed, makin banyak juga jempol yang diberikan oleh banyak orang di Facebook.

Contohnya beragam. Mulai dari gambar hantu yang terekspos di foto artis. Anak-anak di Etiopia yang tinggal tulang-belulang. Lelaki tua yang setia hingga mati kepada pasangannya atau bahkan anjingnya. Ada yang memang yang memasang hal-hal berbau sensasional karena mengajak banyak orang untuk membantu yang menbutuhkan. Ada kausa utama yang mulia.

Sayangnya banyak yang ‘menjual’ keanehan dunia, kemalangan manusia dan kejadian tak wajar sebagai alat menangguk jempol. Makin banyak jempol makin bagus yang ternyata berujung pada peningkatan popularitas halaman Facebook tertentu. Bisa juga untuk jualan produk.

Coba apa hubungannya berita-berita artis dengan jualan sepatu? Mungkin juga ada berita derita anak pengungsi di Suriah yang kemudian diikuti dengan penawaran mobil bekas? Nah, lho?

Jebakan Batman Lainnya

Masih ada lainnya yang belum tersebut. Masih ada banyak karena banyak manusia yang kreatif dalam menciptakan berbagai jebakan batman yang diam-diam menghanyutkan. Sulit untuk disadari bahwa yang menarik ternyata menyesatkan.

Seperti teman Facebook yang tampan atau cantik yang kemudian minta pulsa ponsel sewaktu hendak dihubungi; setelah diberi lalu raib dengan gaib. Agensi artis gadungan yang hanya ingin menikmati tubuh montok para perempuan cantik yang nafsu ingin menjadi foto model. Jualan ‘ayam kampus’ melalui jejaring sosial. Bahkan penipuan uang dengan dalih donasi tragedi kemanusiaan atau bencana alam.

Bila Anda tahu apa saja jebakan batman lainnya di jejaring sosial terutama di Facebook, silakan membagikannya di kolom komentar.

Bagi yang pernah tertipu malu, ada baiknya memperingatkan orang lain supaya korban yang jatuh tak semakin banyak. Terutama yang punya anak dan keluarga lansia, harus memberi edukasi dan peringatan supaya mereka bisa mengakses Facebook dengan nyaman dan aman; tanpa harus terperosok ke jebakan batman.

Facebook, seperti halnya jejaring sosial yang lain, merupakan alat komunikasi yang efektif dan berguna bagi banyak orang.

Hanya saja, masing-masing penggunanya harus waspada. Bahwa di ranah publik yang maya seperti Facebook, selalu ada pemangsa yang mengincar korbannya yang lengah dan tak berdaya.

Main-main di Facebook boleh-boleh saja. Tapi ingat, jangan sampai jadi mainan orang. Juga tak asal-asalan mempermainkan orang lain di dunia maya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s