Kurangnya Armada Taksi di Yogyakarta

Kemana pun Anda pergi di wilayah perkotaan di Kota Gudeg ini, pasti ada taksi yang terlihat sedang berhenti atau sedang mengantar penumpang. Ukuran kota pun relatif tidak besar sehingga orang bisa berasumsi bahwa mendapatkan taksi di Yogya itu mudah.

Sayangnya asumsi tersebut salah.

Sudah sering saya mengalami kesulitan mendapatkan taksi. Bila pun ada yang lewat di jalan, biasanya sudah ada isinya.

Bahkan saking sulitnya, menelepon taksi pun tak selalu tersedia armadanya. Padahal saya sudah menelepon hingga 10 perusahaan taksi yang berbeda. Namun tak ada taksi yang tersedia. Harus sabar dan siap ketika tak ada taksi yang bisa mengantar.

Masih bisa dimengerti bila taksi sulit didapatkan ketika jam pergantian sopir atau ketika sore hendak Maghrib. Namun ternyata taksi tidak tersedia baik pagi atau siang hari.

Untungnya saya merupakan orang Yogya asli yang mengerti keadaan ini. Bagaimana dengan para wisatawan, baik manca maupun domestik, yang kurang mengerti kondisi kelangkaan taksi di Yogya? Bisa jadi mereka akan frustasi. Ada pengalaman yang kurang menyenangkan karena taksi betul-betul susah didapat.

Bagaimana ini? Seyogyanya para pembuat kebijakan dan pengambil keputusan kota membuat terobosan. Soalnya para pengusaha taksi pun tak bisa menambah jatah pengadaan tambahan armada.

Bila situasi ini dibiarkan berlarut-larut, taksi pelat hitam pun akan muncul. Yang ada hanyalah kecemburuan para taksi pelat kuning yang merasa terpojokkan karena pangsa pasarnya dimakan oleh taksi-taksi tidak resmi yang bisa memasang tarif semaunya dan beroperasi dengan bebas.

Armada taksi di Yogyakarta harus ditambah dan diperbaiki kualitasnya. Kota Yogya sudah menjadi kota yang mendunia maka sudah sepantasnya berbenah diri.

Iklan

2 Replies to “Kurangnya Armada Taksi di Yogyakarta”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s