Membuka Toko Online

Ingin jualan secara online? Tak sesulit dulu. Kini semua orang bisa langsung jualan melalui berbagai layanan online. Baik yang gratis atau berbayar.

Ada yang memulai jualan secara online dengan menggunakan pesan instan seperti BBM, WhatsApp dan Line. Begitu juga dengan yang membuka lapak dengan aktif menjualkan dagangannya melalui layanan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram. Banyak pilihan.

Bahkan ada sekian banyak market place di mana orang cukup membuat profil dan langsung bisa menawarkan dagangannya seperti di BukaLapak atau OLX.

Namun yang paling ideal adalah dengan membuka sendiri toko online. Alasannya sederhana. Bila Anda ingin jualan dengan serius maka sudah seharusnya memiliki toko. Calon pembeli merasa lebih yakin berbelanja secara online melalui toko online dibandingkan alternatif saluran penjualan seperti di atas.

Tentu tak harus toko di dunia nyata yang jelas membutuhkan dana yang besar dan berbagai perijinan. Justru di toko virtual di dunia maya, toko Anda bisa dikunjungi oleh banyak orang sekaligus dari berbagai kota di penjuru dunia.

Ada yang mulai ragu membuka toko online karena berpikir bahwa membuat situs penjualan dari awal pastilah sulit sekali. Mereka berasumsi bahwa hanya mereka yang paham dunia Internet dan komputasi yang bisa membangun dan mengembangkannya.

Namun jangan khawatir. Ternyata banyak penyedia jasa layanan toko online yang menawarkan kemudahan bagi siapa saja yang ingin membuka toko online. Sebut saja Jejualan dan WebPraktis yang asli buatan anak bangsa. Pun ada juga layanan dari luar negeri seperti Shopify dan Tictail. Semuanya sama-sama ingin membantu pengusaha kecil dan menengah untuk membuka toko online mereka. Di saat yang sama, dengan melayani ratusan atau ribuan pengusaha online, mereka mendapatkan pendapatan dari jasa layanan toko online.

Pengusaha tak perlu kemampuan Internet yang canggih. Asalkan tekun pasti bisa membuka dan mengoperasikan toko online. Yang penting ada niat dan semangat untuk melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya. Urusan server, situs toko online, spam, gangguan hacker dan sistem pembayaran sudah ditangani oleh ahlinya. Pengusaha cukup fokus sebaik-baiknya untuk mendapatkan suplai barang yang berkualitas dengan harga ekonomis kemudian berusaha sebaik-baiknya untuk menjaring pelanggan. Sederhana, bukan?

Pengusaha tinggal membayar biaya bulanan atau tahunan tergantung dengan fitur layanan yang dibutuhkan. Bila suka, bisa terus menggunakan layanan toko online. Sebaliknya mereka pun bisa menutup lapak online mereka sewaktu-waktu karena memang ingin pindah ke layanan online toko yang lebih bagus atau karena alasan lainnya.

Bahkan layanan toko online dengan gigihnya akan memperjuangkan supaya toko online Anda dan toko online lainnya kebanjiran pelanggan. Bila toko online Anda mendatangkan banyak fulus tentu Anda akan terus menggunakan layanan toko online tersebut. Sama-sama menguntungkan, bukan?

Meskipun membuka dan mengoperasikan toko online itu relatif lebih mudah ketimbang jaman dulu, tetap saja membutuhkan niat dan semangat. Tanpa dua hal tersebut, toko online yang kelihatan canggih dan hebat pun bisa gulung tikar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s