Pasar Modern Lawan Pasar Tradisional

Klise kalau membahas tentang kompetisi antara pasar modern dengan pasar tradisional. Sebagai konsumen – orang yang berbelanja kebutuhan sehari-hari – saya tak lagi peduli dengan dilema berbelanja di pasar modern atau di pasar tradisional. Saya juga tak begitu peduli apakah orang-orang di pasar tradisional akan kehilangan mata pencaharian mereka. Apalagi untuk peduli dengan nasib pasar modern yang diwakili oleh pusat perbelanjaan waralaba; baik yang datang dengan skala kecil atau skala besar.

Sebagai konsumen hanya peduli dengan ketersediaan barang berkualitas yang dapat dibeli dengan harga yang paling menguntungkan. Ada bedanya berbelanja di pasar modern atau pasar tradisional. Namun apa yang bisa didapatkan di pasar tradisional, belum tentu bisa didapatkan di pasar modern. Begitu juga sebaliknya. Jadi berbelanja di kedua pasar tersebut tergantung dengan apa yang saya butuhkan.

Toh, pasar-pasar modern yang datang dari luar negeri pun bisa tumbang karena saling bersaing dengan pasar-pasar modern lainnya. Mereka juga tak mampu mengubah kebiasaan banyak orang yang lebih memilih untuk tetap berbelanja di pasar tradisional.

Setali tiga uang, para pedagang di pasar pun silih-berganti. Meskipun situasi di pasar kelihatannya tak berubah namun bila diamati dengan sungguh-sungguh penjualnya kerap berganti cukup sering. Jualannya pun ada yang selalu berubah. Pasar tradisional juga tetap bertahan hingga sekarang meskipun ada begitu banyak badai ekonomi dan persaingan dengan pasar-pasar modern.

Pasar modern dan pasar tradisional akan tetap ada. Konsumen boleh memilih di mana hendak belanja. Keduanya menawarkan pengalaman berbelanja yang berbeda. Namun yang paling penting adalah kebutuhan konsumen terpenuhi. Itu hal yang paling esensial. Kepuasan konsumen.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s