Sekolah di Rumah

Homescholing bukan konsep yang baru. Sudah diterapkan berabad-abad lamanya. Homescholing pernah pudar ketika makin banyak sekolah yang didirikan oleh negara dan oleh pihak swasta. Kini sekolah di rumah menjadi trend baru lagi karena makin banyaknya institusi pendidikan yang memberikan kurikulum yang memadai sehingga orang tua bisa menerapkan pendidikan dengan standar dan sertifikasi untuk anak-anaknya.

Ada berbagai alasan bahwa sekolah di rumah – asalkan diterapkan dengan sungguh-sungguh dengan kemampuan yang memadai – menjadi pilihan yang lebih baik ketimbang mengikuti pendidikan umum di sekolah pada umumnya. Faktor lokasi, ketersediaan bangku sekolah di daerah setempat atau kualitas pendidikan yang dianggap kurang pas membuat orang tua memutuskan untuk mendidik sendiri anak-anak mereka.

Apalagi di tengah hiruk-pikuk pendidikan sekarang yang kurikulumnya dianggap memusingkan banyak pihak. Tak hanya pembelajar yang bingung, para pengajarnya pun masih banyak yang gagal paham dengan kurikulum baru yang belum lama diterapkan. Simpang-siur. Padahal masa depan anak sungguh krusial. Salah pendidikan bisa membuat jalan hidup seorang anak menjadi tak optimal. Bahkan bisa hancur.

Wajar jika orang tua yang cerdas memilih untuk menyekolahkan anak mereka di rumah mereka sendiri. Tentu saja tak mudah prosesnya. Tapi masuk akal bila orang tua benar-benar paham dengan pendidikan dan anaknya bisa menerima dengan senang hati.

Sekolah di rumah bukan hal yang baru. Justru alternatif di tengah runyamnya sistem pendidikan di tanah air.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s