Yogya dari Perspektif Orang Bukan Asli Yogya

Yogya adalah kota yang istimewa. Fakta memang membuktikan. Kota ini disebut DIY – Daerah Istimewa Yogyakarta – karena memang memiliki beberapa keistimewaan. Tak hanya orang asli Yogya yang merasakannya. Orang yang bukan asli Yogya pun banyak yang merasa kota ini memang spesial.

Lucunya orang bukan asli Yogya malah bisa lebih merasakan keistimewaan ketimbang orang Yogya sendiri. Kok bisa?

Hal seperti itu wajar saja. Penduduk di suatu daerah memang tak begitu menyadari banyak tradisi khas daerahnya. Maklum karena itu menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Berbeda dengan mereka yang berasal dari daerah lain yang tentu panca indranya lebih tajam karena berusaha memahami daerah yang mereka kunjungi. Bisa memandang dengan lebih jernih.

Herannya lagi banyak orang dari luar Yogya yang karena senang dengan situasi dan suasana Yogya malah tertarik untuk tinggal di Yogya, Di sisi lainm banyak orang Yogya yang ingin merantau dan tinggal di kota bahkan di negara lain.

Sebagai orang asli Yogya saya seringkali terheran-heran saat mendengar banyak orang Yogya asli yang tak begitu mengenal kotanya. Ada yang belum pernah mengunjungi Kraton Yogyakarta atau Tamansari. Padahal Yogyakarta – yang sebenarnya menjadi sebuah provinsi – luasnya tak begitu besar. Hanya ada satu kotamadya dengan empat kabupaten yang mengelilinginya.

Perspektif orang yang bukan asli Yogya sangat berperan bagi warga Yogya sendiri untuk makin mengenali kotanya sendiri. Orang Yogya perlu orang yang bukan Yogya untuk bercermin. Seringkali juga untuk mawas diri bahwa kota yang makin lama makin padat ini harus segera memperbaiki diri. Tujuannya satu yaitu supaya Daerah Istimewa Yogyakarta ini tak kehilangan keistimewaannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s