Meja Kerja Berdiri dan Hemingway

Ide tentang bekerja dengan standing desk bukan hal yang baru. Ternyata Hemingway – salah satu penulis terkenal di dunia – sudah gemar melakukannya sebelum trend meja kerja berdiri ramai dibicarakan orang.

Namun konsep meja kerja berdiri belum ada saat itu. Jadilah Hemingway melakukannya dengan cara sederhana. Dia menggunakan rak buku dan tumpukan buku-buku sebagai landasan menempatkan mesin ketiknya. Dengan begitu Hemingway bisa mengetik sambil berdiri ketimbang duduk manis di kursi.

Untuk ukuran jaman dulu, apa yang dilakukan Hemingway sungguh unik. Orang pun maklum karena biasanya penulis punya kebiasaan yang tidak biasa. Hanya saja, untuk ukuran era kini menulis dan bekerja sambil berdiri juga belum biasa. Masih dirasa aneh.

Padahal bekerja dengan berdiri itu lebih sehat ketimbang bekerja dengan duduk dalam jangka waktu yang lama. Tentunya kita tidak berasumsi bahwa seseorang harus berdiri sepanjang jam kerja 6 hingga 8 jam. Tentu capai dan boleh jadi malah menimbulkan varises. Setali tiga uang, bekerja sambil duduk selama 6 hingga 8 jam sehari juga bisa menimbulkan kepenatan dan gangguan kesehatan. Ditambah dengan cara duduk yang tidak benar dan kursi yang kurang ergonomis.

Yang pasti bekerja sambil berdiri membuat seseorang bisa bekerja dengan konsentrasi lebih tinggi karena darah mengalir relatif lebih lancar. Bandingkan dengan posisi duduk di mana sirkulasi darah di dekat punggung bagian bawah dan kaki terhambat.

Bekerja sambil berdiri juga menghindari rasa mengantuk. Bebasnya diafragma perut dan paru-paru dari posisi terhimpit ketika duduk membuat oksigen mengalir lancar. Sulit untuk mengantuk bila asupan oksigen maksimal mengalir ke dalam aliran darah dan seluruh tubuh.

Tentu saja tidak semua orang suka dengan ide bekerja sambil berdiri karena tidak biasa. Saat pertama-tama mencobanya pun saya merasa super pegal. Satu jam pun terasa sangat lama. Juga capai. Namun lama-lama terbiasa. Dua atau tiga jam sudah lumayan biasa. Saat capai berdiri, ya, tinggal duduk. Intinya bekerja bisa sambil berdiri dan duduk.

Saat mencoba bekerja sambil berdiri, saya teringat pada mereka yang profesinya menuntut mereka untuk berdiri untuk jangka waktu yang lama. Seperti polisi lalu-lintas, penjaga toko, satpam dan koki. Mereka bisa berdiri berjam-jam karena terbiasa; selain tuntutan pekerjaan. Toh, mereka memiliki postur yang lumayan lebih baik ketimbang mereka yang bekerja di kantoran dan duduk berjam-jam.

Jika banyak profesi bisa bekerja dengan berdiri, orang yang bekerja dengan komputer atau laptop pun bisa bekerja dengan berdiri. Bila tak ada meja kerja berdiri, bisa menggunakan meja biasa dan mencari kardus atau kotak yang cukup kuat. Lalu letakkan laptop di atasnya.

Buktikan sendiri. Lalu lihat efeknya dalam satu bulan. Apakah badan terasa lebih segar atau malah pegal-pegal? Bila cocok bekerja sambil berdiri, Anda pun bisa menganjurkan kebiasaan sehat ini kepada rekan kerja, teman dan orang lain.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s