Sate Asli Madura

Reputasi Sate Madura sudah terkenal di mana-mana. Rasanya enak dengan komposisi bumbu yang pas dan cita rasa yang mudah diterima oleh banyak orang. Bahkan tak jarang orang berpendapat kalau mau makan sate yang enak ya beli saja di warung sate yang penjualnya asli dari Madura. Selalu memuaskan lidah. Jadi jangan lupa untuk selalu bertanya apakah penjual satenya asli Madura atau tidak.

Daerah lain juga memiliki masakan sate yang khas rasanya. Seperti Sate Padang dan Sate Kudus. Namun keberadaannya tak sepopuler Sate Madura di berbagai pelosok Nusantara.

Uniknya Sate Madura justru sulit untuk ditemukan di Pulau Madura. Sepertinya Sate Madura memang salah satu keterampilan kuliner yang dipelajari atau diturunkan dari generasi ke generasi sebagai salah satu sarana orang Madura untuk bertahan hidup di perantauan.

Sate Madura yang banyak didapati di mana-mana muncul dalam berbagai bentuk. Ada yang berbentuk warung sate sehingga orang bisa makan dan minum di tempat. Biasanya penjual sate yang seperti ini bisa dibilang cukup sukses. Sudah banyak pelanggannya dan tak perlu lagi berkeliling mencari pembeli. Bila sudah cukup besar biasanya sudah memiliki asisten atau pelayan warung; yang umumnya juga berasal dari Madura.

Ada yang berjualan sate dengan berkeliling menggunakan gerobak yang bentuknya sangat khas. Yaitu berbentuk perahu. Beberapa berpendapat bahwa perahu itu simbol perantauan. Maklum karena mereka harus menyeberangi Selat Madura dengan perahu. Mungkin sekarang agak berbeda karena warga Pulau Madura bisa menyeberang ke Pulau Jawa melalui Jembatan Suramadu.

Begitu juga ada yang berjualan sate dengan alat bakar kecil dan tenggok yang dibawa dengan diletakkan di atas kepala; berjalan menyusuri area perkampungan dan sekolah. Biasanya yang berjualan adalah ibu-ibu. Kualitas satenya memang tak selezat mereka yang berjualan di warung sate atau dengan perahu namun masih bisa dibilang enak. Sate Ayamnya biasanya lebih tipis karena memang harga jualnya lebih murah karena disesuaikan dengan pembelinya yaitu ibu rumah tangga dan anak-anak sekolah.

Oleh karena itu bila ingin makan sate yang enak, pastikan saja apakah penjualnya asli Madura atau tidak. Bila satenya memang sate asli Madura, bolehlah mengudap sate sepuasnya. Ada kepuasan tersendiri.

Catatan. Artikel ini dibuat setelah tadi malam mengudap Sate Ayam yang rasanya enak. Ibu penjualnya bilang kepada saya bahwa dia memang asli Madura yang sudah tinggal lama di Yogyakarta. Dan benar, rasa satenya memang enak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s