Marxico Markdown Editor

Pas rasanya. Itu kesan saya ketika menjajal aplikasi browser Chrome bernama Marxico yang berfungsi sebagai Markdown Editor. Marxico memiliki shortcut yang memudahkan membuka menu dan manajemen dokumen. Selebihnya tampilan antar mukanya terbilang sangat sederhana sehingga penggunanya bisa fokus pada menulis.

Kombinasi penggunaan aturan Markdown dengan shortcut membuat alur menulis menjadi lebih lancar karena pengguna tak perlu sedikit-sedikit menggunakan mouse atau trackpad untuk menggunakan fungsi penyuntingan (huruf tebal, huruf miring, menyematkan gambar atau menambah tautan) dan fungsi manajemen dokumen (menyimpan dokumen, mengubah format dokumen atau bekerja pada dokumen lain). Seperti Markdown Editor lainnya, Marxico membuat jemari pengguna lebih sering berada di keyboard sehingga meminimalkan distraksi dan pengguna bisa lebih berkonsentrasi pada proses penulisan dokumen.

Penyimpanan dokumennya praktis. Pengguna bisa menyimpan dokumen dalam bentuk .md (format dokumen untuk markdown), .pdf dan .html. Bila pengguna memiliki akun Evernote, dokumen bisa disimpan secara otomatis ke Evernote. Saat terkoneksi dengan internet, Marxico akan secara reguler mensinkronkan dokumen-dokumen tersebut ke Evernote.

Tak seperti word processor, tampilan Marxico bisa diubah sesuai selera hanya dengan mengganti tema tampilannya. Pengguna bisa mengganti latar belakang dan warna huruf dengan warna yang berbeda-beda. Tak melulu huruf berwarna hitam di atas halaman putih yang membuat mata sakit. Sebagai contoh, pengguna bisa memilih latar hitam dengan warna huruf putih yang nyaman di mana. Mirip dengan tampilan Word Star di Sistem Operasi DOS pada dekade yang lalu.

Oleh karena Marxico bekerja dengan memanfaatkan engine dari browser Chrome, Marxico hanya bisa digunakan bila pengguna memasang browser Chrome di Windows PC atau Mac. Marxico bisa didapatkan langsung dari Chrome Web Store kemudian dipasang di browser Chrome. Setelah dipasang, Marxico bisa bekerja dengan baik tanpa keharusan terkoneksi dengan Internet setiap saat.

Sayangnya, Marxico hanya pas bagi mereka yang menulis dokumen memakai Markdown; bukan pengguna biasa. Konsep menulis menggunakan Markdown dan Markdown Editor memang masih kurang dikenal oleh banyak orang. Beberapa orang bertanya mengapa harus memakai Markdown, bukannya cukup memakai Microsoft Windows atau Pages di Mac. Lagipula apa sih sebenarnya fungsi penggunaan Markdown sendiri.

Padahal dengan Markdown, yang modern dan sesuai dengan kebutuhan penulisan online, pengguna bisa menghasilkan tulisan dengan lebih cepat tanpa harus disibukkan dengan proses penyuntingan dan manajemen dokemun yang seringkali memperlambat proses secara keseluruhan.

Pada intinya, Marxico merupakan Markdown Editor yang praktis dan gratis. Nyaman dipakai dan tak bikin jengkel. Developer atau pembuatnya patut diberi acungan jempol.

http://marxi.co/
http://en.wikipedia.org/wiki/Markdown

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s