Kendaraan yang unik itu bernama Vespa

Vespa

Foto gratis dari http://gratisography.com/

Kendaraan dari Italia itu memang khas. Namanya Vespa. Bentuknya yang tak biasa itu begitu indah. Terutama karena banyak bagiannya yang berlekuk-lekuk. Belum lagi dengan rodanya yang bulat dan kelihatan solid. Meskipun kelihatan tak terlalu tangguh, tapi Vespa sanggup melenggok ke kanan dan ke kiri dengan luwes. Sungguh. Anda hanya bisa membuktikannya kala sudah mengendarainya.

Di balik bentuknya yang menawan, ada mesin yang kuat. Tentu kalah bila diadu dengan mesin kendaraan-kendaraan masa kini. Tapi di masanya dulu, Vespa bisa dipakai untuk mengebut. Namun ada catatan bahwa kendaraan yang cukup ‘manis’ ini hanya cocok melaju di jalanan kota. Bukan jalanan luar kota atau jalanan yang tak beraspal. Maklum karena Vespa memang merupakan kendaraan yang ditujukan untuk wilayah urban.

Terlepas dari ketenaran Vespa di masa lalu, kendaraan ini memiliki tempat yang khusus di ingatan saya. Dulu sekali bapak saya memang memiliki Vespa sebagai kendaraan keluarga. Usia Vespa tersebut jauh lebih tua ketimbang umur saya. Vespa itu sudah ada bertahun-tahun sebelum saya lahir.

Warna Vespa yang sering saya naiki dengan bapak saya itu warnanya biru muda. Hampir mirip serinya dengan gambar di atas. Gambar tersebut hanya sebagai referensi saja. Toh memori saya juga tak begitu kuat. Saya hanya sekilas ingat dengan bentuk Vespa tersebut.

Sayangnya Vespa memerlukan perhatian yang khusus. Harus dirawat sendiri. Bila rusak harus bisa memperbaikinya. Maklum karena banyak bengkel yang tak sanggup memperbaiki Vespa. Bengkel-bengkel lebih terbiasa memperbaiki sepeda motor buatan Negeri Matahari Terbit. Bapak saya yang suka mengutak-atik mesin sanggup memperbaikinya. Sedangkan saya tak begitu paham. Oleh karena itu setelah beberapa dekade akhirnya Vespa itu pun berpindah tangan ke tangan yang tepat. Ada teman yang paham dan suka dengan Vespa. Vespa itu pun akhirnya memiliki tuan yang baru.

Meski telah bertahun-tahun lewat. Toh memori tentang Vespa itu kadang-kadang muncul di benak saya. Ingatan yang manis. Nostalgia ketika saya masih kecil dan suka membonceng di belakang. Vespa memang unik dan menjadi salah satu bagian dari kehidupan saya.

1 Comment

  1. Ping balik: Inspirasi dari Foto | munggur

Tinggalkan Balasan

