Harbolnas

Baru tahu saya kalau hari Jumat, 12 Desember yang lalu merupakan Harbolnas–Hari Belanja Online Nasional. Ada toh. Itu kesan pertama saya.

Lucu juga. Siapa yang berinisiatif seperti itu? Ah, paling-paling Kementerian Perdagangan atau malah para asosiasi toko online di tanah air? Tak tahu saya.

Yang jelas Harbolnas terkesan diciptakan untuk membuat para calon pembeli lebih tertarik untuk melakukan pembelian secara online pada hari tersebut. Maklum karena para toko online berlomba-lomba menawarkan produk dagangan dengan harga diskon yang lebih super ketimbang hari-hari liburan atau event spesial lainnya.

Tak salah memang. Malah bagus. Toko online mendapatkan lebih banyak pembeli. Pembeli pun mendapatkan banyak pilihan barang dengan harga yang aktraktif. Toh, makin banyak transaksi online maka perekonomian di tanah air makin semarak. Makin banyak yang sejahtera.

Sayangnya ketika Harbolnas, banyak situs belanja yang melambat. Wajar karena dihajar oleh kunjungan pembeli yang meluber jauh lebih banyak dari biasanya. Beberapa situs belanja besar sudah mengantisipasinya dengan menambah kapasitas server mereka. Sedangkan situs belanja lainnya kewalahan.

Apapun itu Harbolnas merupakan kesempatan yang ditunggu oleh banyak orang. Makin banyak yang dijual dan dibeli, makin banyak fulus. Dan kesadaran banyak orang untuk melakukan pembelian secara online pun makin tinggi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s