Matinya Telepon Umum

Telepon Umum

Foto gratis dari http://gratisography.com/

Sudah pernah memakai perangkat publik bernama Telepon Umm? Belum pernah sama sekali?

Baiklah. Mungkin bagi kita yang sudah permah memakai jasa telepon umum umurnya sudah lebih dari 30 tahun ke atas. Mereka yang umurnya di bawah itu mungkin mengerti konsep telepon umum namun tak pernah memakainya. Sekalipun tak pernah. Anehkah?

Tidak aneh. Banyak telepon umum yang sudah tak bisa melayani fungsinya sebagai perangkat telekomunikasi untuk masyarakat. Tak hanya rusak. Banyak yang hilang gagang teleponnya. Tombol putarnya tak lagi bisa berputar. Hingga kotak telepon yang sudah beralih fungsi; entah menjadi tempat tuna wisma berteduh kala malam atau malah sekedar menjadi tempat buang air kecil.

Di saat yang sama, perangkat telepon selular menjadi makin marak. Ponsel harganya makin marak dan biaya penggunaannya pun makin murah. Ponsel lebih berdaya guna karena bisa digunakan dari mana saja. Tanpa harus mendatangi telepon umum terdekat. Hampir semua orang memilikinya. Jadi untuk apa ada telepon umum?

Tak hanya telepon umum, warung telepon pun lambat-laun menghilang. Sudah hampir tergantikan oleh ponsel. Dan generasi muda sekarang tumbuh dengan ponsel. Tak lagi memerlukan telepon umum.

Memang telepon umum tak serta-merta dihilangkan. Mungkin masih dibutuhkan di kota-kota kecil atau tempat-tempat terpencil. Tapi siapa sih yang masih mau menggelontorkan uang untuk membangun teknologi yang cepat atau lambat bakal ditinggalkan.

Jadi telepon umum sudah mati? Ya. Tamat sudah riwayatnya. Peninggalan budaya yang mulai ditanggalkan namun minimal tercatat dalam lembar sejarah telekomunikasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s