Parkir Liar Penyebab Macet

Jalanan macet karena parkir liar terjadi di banyak ruas jalan. Terutama di perempatan dan pertigaan yang ramai. Solusinya cuma satu yaitu larangan parkir di sekitar persimpangan. Minimal hingga 200 atau 300 meter dari titik persimpangan.

Sayangnya di tanah air tidak ada ketegasan dari instansi yang mengatur penggunaan badan jalan. Jalan umum sebagai bagian dari insfrastruktur umum pun menurun kualitasnya. Dampaknya sangat merugikan bagi para pemakai jalan. Macet yang berimbas pada rasa jengkel pengemudi dan bahan bakar yang terbakar percuma karena jalanan padat merayap.

Memang parkir liar sulit diberantas karena banyak toko atau rumah makan yang berada di jalan yang strategis. Umumnya di sekitar persimpangan jalan. Toko dan rumah makan jelas membutuhkan layanan parkir. Sayangnya tidak banyak toko dan rumah makan yang memiliki lahan yang cukup untuk parkir. Jalan pintasnya dengan menyediakan parkir di jalanan.

Jadi kembali lagi solusinya adalah ketegasan instansi terkait. Bila memang jalanan menjadi macet karena seharusnya jalan umum tersebut tidak diperuntukkan untuk parkir, ya jalan tersebut harus bebas parkir. Artinya tak ada yang boleh yang parkir di bagian jalan tersebut. Bukan malah bebas untuk parkir kapan saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s