Nasi Bogana yang Gurih

Apakah Anda pernah mengudap Nasi Bogana? Bila sudah pernah tentu langsung ingat dengan nasi gurihnya beserta kombinasi ayam kari suwir, telur pindang, sambal goreng hati yang disajikan dalam bungkusan daun pisang. Lauknya bisa bervariasi tergantung penjual atau pemasaknya.

Nasinya yang gurih berasal dari Santan. Sedangkan aromanya yang khas berasal dari Daun Pandan sebagai penyedap dan Daun Pisang sebagai pembungkusnya.

Meski banyak orang yang suka dengan Nasi Bogana, tak banyak yang menyadari bahwa masakan ini berasal dari Tegal, salah satu kota yang berada di wilayah Jawa Tengah dan terletak di pesisir Utara Pulau Jawa.

Nasi Bogana ini dikenal oleh banyak orang di luar Kota Tegal karena banyaknya orang Tegal yang merantau ke kota-kota besar hingga ke pulau-pulau lain di Nusantara. Kerinduan para perantau Tegal yang jauh dari daerahnya membuat tak sedikit orang Tegal yang membuka warung makan dengan menu utama Nasi Bogana.

Bila Anda menyukai Nasi Bogana tapi tetap tak menemukan warung makan atau restoran yang menyediakan makanan ini, Anda bisa memasaknya sendiri. Resepnya tidak terlalu rumit. Silakan lihat sendiri di tautan berikut.

http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/10576/nasi-bogana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s