Rupiah Melemah

Fakta nyata bahwa mata uang Rupiah melemah dibanding mata uang negara lain. Implikasinya tentu besar. Bagi negara. Juga bagi rakyatnya.

Tak ada yang bisa dibanggakan bila IDR mati-matian melawan USD, EUR dan JPY. Kalah telak. Hanya bisa bersaing dengan Dong, mata uang Vietnam.

Apalagi negara kita ini masih membelanjakan devisa dalam jumlah sangat besar untuk mengimpor sekian banyak barang kebutuhan dari negara lain. Rupiah yang loyo jelas membuat negara ini merugi dan berdarah-darah akibat nilai tukar yang sangat rendah.

Rupiah melemah memang sesuatu yang tak diharapkan. Semoga Rupiah hanya melemah sesaat kemudian bangkit menguat sebelum tahun berganti. Bila 1 USD bisa setara dengan 10.000 IDR, negara ini bisa bernafas sedikit lebih lega. Ada beban besar yang diringankan.

Rupiah menguat. Itu berita yang ditunggu-tunggu oleh sekian banyak rakyat Indonesia. Bila Rupiah menguat, banyak yang akan mengatakan dengan bangga bahwa “Aku Cinta Rupiah”. Bukan hanya slogan yang ironis dan bikin miris.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s