Sendok Satu Milyar?

Ah, berita heboh. Itu pikir saya ketika membaca adanya artikel di sebuah surat kabar tentang kasus pengadaan sendok di salah satu instansi pemerintah di Sulawesi. Hiperbola kesannya.

Menurut berita yang dilangsir, pengadaan sendok tersebut menelan biaya hampir satu milyar rupiah. Bayangkan berapa jumlah sendok yang dibeli dengan uang yang tak sedikit itu. Ribuan sendok? Atau mungkin hanya sedikit sendok tapi terbuat dari perak atau emas? Satu milyar rupiah itu jumlah yang sangat banyak. Setara dengan seribu juta.

Cukup masuk akal bila sebuah rangkaian restoran waralaba yang memiliki banyak cabang dan melayani jutaan pelanggan tiap tahunnya memiliki dana yang besar untuk pengadaan peralatan makan. Ratusan juta tiap tahunnya bisa dibelanjakan untuk perangkat makan yang berupa sendok, gelas dan piring.

Tapi kalau pengadaan sendok, yang hanya ditujukan untuk sebuah instansi pemerintah, bisa menghabiskan uang rakyat hingga satu milyar tentunya menimbulkan pertanyan besar. Apa yang sebenarnya terjadi? Penggelembungan biaya? Salah hitung? Korupsi?

Atau malah benar-benar dibutuhkan jumlah sendok yang sangat banyak untuk dibagi-bagikan kepada rakyat di wilayahnya. Mungkin bagi-bagi makanan sudah kuno sehingga memilih untuk membagikan alat makan berupa sendok.

Keanehan seperti pengadaan sendok satu milyar memang perlu dipertanyakan dan diselidiki. Bukan masalah dengan jumlah uang yang mungkin ‘dimakan’ oleh oknum tertentu. Tapi banyak yang rasa penasarannya belum terjawabkan. Yaitu seperti apa sih pengadaan sendok sebesar satu milyar rupiah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s