Mengetik dengan Latar Belakang Hitam

Mengetik di layar komputer dalam kurun waktu yang lama membuat mata pedas. Terutama bila latar belakangnya putih terang benderang dengan huruf berwarna hitam. Sebagai contoh ketika mengetik tulisan melalui Microsoft Word untuk Windows PC atau Apple Pages untuk Apple OS X. Latar belakangnya putih. Terang benderang, bukan? Tentu bisa dikurangi intensitas terang layar komputer atau laptopnya tapi jelas tidak nyaman.

Beda ketika jaman masih Microsoft DOS. Waktu itu banyak yang memakai program bernama WordStar. Latar belakangnya hitam. Dengan huruf berwarna putih atau abu-abu. Meskipun jadul tapi tidak bikin mata pedih karena cahaya yang diterima oleh mata lebih sedikit. Cahaya putih biasanya berasal dari huruf-huruf yang tampak di layar.

Sekarang coba lihat teman-teman atau mereka yang bekerja sebagai programmer. Kebanyakan dari mereka menggunakan aplikasi pengolah kata yang berlatarbelakang warna hitam atau gelap. Lagipula mereka juga terbiasa bekerja melalui Terminal—seperti di jaman Microsoft DOS jaman dulu—yang umumnya berwarna gelap. Mengapa mereka memilih bekerja ‘gelap-gelapan’? Pekerjaan mereka menuntut interaksi dengan layar komputer berjam-jam. Lebih nyaman bila memandangi berbagai instruksi dan bahasa pemrograman seharian melalui layar yang gelap atau hitam.

Lalu bagaimana solusinya supaya bisa mengetik dengan latar belakang hitam?

Gampang. Cari saja aplikasi pengolah kata yang memiliki fitur warna hitam. Sekaligus gratis atau murah. Salah satunya adalah Marxico. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang bisa didapatkan dari dan diinstal di Google Chrome.

Ketika mengetikkan tulisan Anda, silakan menuangkannya di Marxico. Bila sudah selesai membuat draft, cukup salin dan tempel di program Microsoft Word atau Apple Pages. Tentu cara seperti ini tidak selalu pas buat semua orang. Namun bisa dicoba. Bila cocok, baguslah.

Salah satu trend aplikasi pengolah kata masa kini justru cenderung memberikan opsi latar belakang yang lebih nyaman untuk mata. Bila tidak hitam. Minimal warna yang lebih gelap seperti abu-abu atau krem.

Alasannya sederhana karena makin banyak orang menggunakan komputer lebih lama ketimbang jaman dulu. Dan kebanyakan orang menggunakan komputer untuk mengolah kata. Warna gelap membuat penggunanya bisa memakai pengolah kata dan komputer jauh lebih lama. Karena mata tidak gampang pedih memandangi layar komputer berwarna putih nan terang benderang.

Bagaimana menurut Anda, apakah mengetik dengan latar belakang hitam lebih nyaman bagi Anda? Bila belum pernah maka silakan mencobanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s