Alternote

Perfecto! Itu pujian saya untuk aplikasi bernama Alternote.

Alternote merupakan aplikasi yang—untuk saat ini—memang ditujukan untuk berjalan di komputer yang menggunakan Apple OS X. Fungsinya adalah menjadi sebuah aplikasi yang dipergunakan sebagai alternatif antar-muka layanan Evernote.

Evernote sendiri merupakan layanan untuk mencatat serba-serbi konten; baik tulisan, gambar atau suara. Tugasnya memang menggantikan notes yang dipakai untuk mencatat di jaman dulu. Catatan yang disimpan di Evernote bisa diakses melalui aplikasi Evernote di Windows PC, Apple OS X, ponsel pintar bahkan bisa dibuka pula langsung melalui aplikasi web dengan browser Internet.

Sayangnya Evernote memiliki antar-muka yang membosankan, agak rumit dan lambat. Padahal antar-muka mereka sudah diperbarui dan diperbaiki dengan versi yang terbaru. Layanan Evernote—baik yang gratis maupun yang berbayar—memang bisa diandalkan. Namun tanpa antar-muka yang memudahkan operasional penggunaannya, Evernote menjadikan produktivitas penggunanya berkurang. Saya sendiri pun akhir-akhir ini jarang menggunakan Evernote.

Adanya Alternote, yang saat ini masih berupa versi Beta dan belum tersedia untuk umum, membuat aktivitas mencatat di Evernote menjadi lebih menyenangkan. Alternote sendiri menggunakan Evernote sebagai back-end pencatatan berkas. Pengguna pun hanya bisa menggunakan Alternote dengan login memakai akun Evernote.

Alternote memberikan antar-muka yang bersih, cepat dan mudah dipahami. Tak terlalu banyak fitur namun performanya sangat baik. Fitur yang menurut saya menarik adalah laman-laman catatan yang enak dibaca dan ditulisi. Laman-lamannya pun bisa diubah menjadi Night Mode; dengan latar belakang hitam dengan huruf berwarna putih. Yang tentu nyaman di mata. Laman-lamannya pun bisa diubah dalam mode penuh; di mana bagian-bagian antar-muka dan pengaturan menghilang dan muncul hanya saat dibutuhkan saja. Dengan begitu, pengguna bisa fokus untuk menulis.

Dengan Alternote, mengakses Evernote menjadi lebih menyenangkan, memudahkan dan mempercepat prosesnya. Sementara proses penyimpanan secara cloud diproses oleh Evernote sepenuhnya. Alternote hanya menjadi perpanjangan tangan dari Evernote. Laiknya mengakses Gmail dari email client.

Hmm. Mungkin tulisan kali ini terkesan iklan. Tapi saya menulis ini karena terkesan dengan Alternote. Saya memang memiliki hobi untuk mencoba-coba berbagai aplikasi dan layanan Internet. Bila memang bagus, pasti saya rekomendasikan. Bila tidak pasti sudah saya hapus.

Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan ulik tautan di bawah ini.

http://alternoteapp.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s