Menempel Gambar Pinterest di WordPress

Gambar-gambar dari Pinterest memang mengagumkan. Pemandangan alam, bangunan arsitektural dan berbagai barang di dunia. Tentu masih banyak kategori gambar lainnya seperti manusia, binatang atau lainnya.

Di saat yang sama saya ingin sesekali menampilkan gambar yang saya sukai dan relevan dengan postingan di blog saya ini. Saya paham bahwa mengambil gambar milik dari orang lain—yang bisa diketemukan di Internet—dan memajangnya di blog pribadi jelas tidak etis. Kecuali bila sudah ada ijin pemakaian dari pemilik gambar. Asal comot dan tempel gambar milik orang jelas bukan tindakan yang baik.

Namun membeli gambar jelas mahal. Memakai gambar sendiri juga terbatas. Meskipun ada gambar-gambar yang tersedia gratis dan bisa dipakai secara bebas, toh tetap saja terbatas. Solusinya?

Menempel gambar Pinterest di blog saya ini. Itulah cara terbaik. Menempel gambar dari Pinterest; disebut dengan istilah Embed from Pinterest, pada postingan di blog pribadi merupakan tindakan yang legal, direkomendasikan dan menguntungkan beberapa pihak sekaligus.

Postingan di blog menjadi lebih berwarna dengan adanya gambar dari Pinterest. Gambar tersebut tidak serta-merta menjadi miliki pribadi. Gambar tersebut tetap menjadi milik pengguna Pinterest yang menggunggah gambar tersebut. Sifatnya yang embedded tak memberatkan blog yang menampilkannya.

Bagi pemilik gambar tersebut berarti akan ada tambahan trafik kunjungan yang datang ke gambar tersebut; yang diunggah dan dihosting di dan oleh Pinterest. Makin banyak yang melihat dan menyukainya, makin senang pula pemilik foto tersebut. Anggap saja ada blog yang merekomendasikan gambarnya dengan cara menempelkannya di postingan.

Sama-sama menguntungkan, bukan? Saya mencoba menempel gambar Pinterest pada dua postingan ini. Liburan di Yogyakarta dan Arashiyama.

Lalu bagaimana caranya menempelkan gambar dari Pinterest ke blog WordPress? Tak perlu khawatir. Mudah. Cukup salin dan tempel alamat URL Pinterest dari gambar tersebut di postingan.

Silakan ulik keterangan dari WordPress mengenai menempel gambar Pinterest di tautan berikut ini.

http://en.support.wordpress.com/embed-from-pinterest/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s