Pawang Hujan, Manjurkah?

Sebuah puisi tentang pawang hujan mengingatkan saya pada pertanyaan yang masih membuat penasaran. Apakah benar pawang hujan bisa sungguh-sungguh membuat hujan berpindah atau berhenti sama sekali? 

Saya skeptis bahwa pawang hujan benar-benar bisa ‘mengatur’ kapan dan di mana hujan turun. Saya lebih percaya bahwa bila awan tebal sudah tercipta dan akhirnya mencapai titik tertentu maka airnya akan tercurah ke bawah. Tak ada yang bisa menghentikannya dengan mantra-mantra tertentu. 

Lebih masuk akal bila mempercepat turunnya hujan dengan cara yang ilmiah. Seperti menaburkan formula kimiawi tertentu dengan pesawat terbang guna membuat hujan terjadi. Seperti yang biasa terjadi di daerah yang kekeringan. 

Anehnya meski pawang hujan tak benar-benar terbukti manjur, toh, tetap saja banyak orang memanggil pawang hujan pada acara dan hajatan besar. Takhayul? Atau sekedar lucu-lucuan? Lagipula kalau ditanya pastilah pawang hujan tak bisa memberi garansi 100% terhadap hasil kerjanya. 

Pawang hujan itu profesi abal-abal. Setali tiga uang dengan orang yang jualan salep minyak ular. Tapi tetap saja ada yang memakai jasa pawang hujan hingga sekarang. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s