Heboh Charlie Hebdo

Coba tanya orang-orang di sekitar kita, ada apa dengan berita Charlie Hebdo? Pasti banyak yang tak tahu benar apa yang terjadi. Paling-paling cuma peristiwa penembakan kantor majalah dari Perancis tersebut oleh teroris. Hanya itu?

Ternyata tidak. Banyak hal yang tak benar-benar dibahas oleh media massa di tanah air. Hebohnya pemberitaan Charlie Hebdo di berita-berita luar negeri sangat berbeda dengan liputan di tanah air. Mungkin karena beritanya tak terlalu relevan karena terjadi jauh di Daratan Eropa. Mungkin karena tak ingin pemberitaan Charlie Hebdo menimbulkan implikasi negatif di tanah air karena paham bahwa banyak orang yang susah paham dan gampang terbawa emosi.

Padahal peristiwa Charlie Hebdo terkait dengan banyak hal. Mulai dari kebebasan berbicara, toleransi beragama, penghinaan agama dan komunitas minoritas di Eropa. Bahkan banyak poin penting mengenai radikalisme, ektrimisme dan diskriminasi pada satu peristiwa tersebut.

Bahkan membicarakan peristiwa Charlie Hebdo membutuhkan kedewasaan. Salah-salah malah terbawa pada asumsi yang salah, praduga yang tidak-tidak dan saling menghujat.

Lalu sebenarnya apa yang terjadi dengan hebohnya Charlie Hebdo? Hmm. Tergantung dengan masing-masing individu dalam menyikapinya. Ada yang melihatnya sebagai semata penembakan. Ada yang menghubungkannya–seperti yang ditekan berkali-kali oleh media–dengan radikalisme dan terorisme. Bahkan ada yang menyikapinya sebagai balasan atas kebebasan berbicara yang kebablasan.

Sayang sekali bila peristiwa seperti Charlie Hebdo ini terjadi di bulan pertama di tahun ini. Waktu di mana banyak orang berpikir tentang memperbaiki hidup dalam setahun ini dan memiliki harapan masa depan yang lebih baik di tahun baru.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s