Pentingnya Paham Prinsip Ekonomi

Harga barang naik? Kredit berjibun tapi susah melunasinya? Dan di waktu yang sama gaji tidak naik setara dengan naiknya harga kebutuhan sehari-hari? Harga BBM naik turun tidak menentu. Barang berharga digadaikan dan rumah diagunkan untuk membayar hutang yang menumpuk.

Aduh bagaimana ini? 

Bagi kebanyakan orang yang tidak paham dengan prinsip ekonomi, sedikit perubahan pada ekonomi mikro bisa membuat keuangan pribadi bergoncang. Stres hingga depresi. Padahal ekonomi mikro berhubungan dengan ekonomi makro secara erat. Memahami prinsip ekonomi secara umum membuat orang kebanyakan dan pelaku ekonomi bisa menentukan strategi terbaik untuk mencapai keuntungan finansial.

Bila tak paham? 

Ya, salah sendiri. Coba diskusikan perihal ekonomi sehari-hari dengan orang-orang di sekeliling kita. Lebih banyak yang merasa menjadi ‘korban ekonomi’–selalu mengeluh, kebanyakan protes dan selanjutnya merasa tak berdaya–ketimbang mereka yang mampu mengatasi kondisi ekonomi dengan baik.

Jadi mereka yang paham adalah orang kaya? 

Paham mengenai prinsip ekonomi tak menjamin seseorang menjadi kaya. Namun setidaknya pemahaman tentang bagaimana cara kerja ekonomi membuat seseorang mampu memposisikan dirinya dan melakukan yang terbaik bagi dirinya. Coba lihat mereka yang mendapat cap orang miskin oleh masyarakatnya. Pada umumnya mereka tak paham bagaimana prinsip ekonomi. Ada yang tak tahu menggunakan uangnya. Ada juga yang tak tahu bagaimana menghasilkan uang.

Lalu bagaimana saya bisa paham prinsip ekonomi?

Memang sangat disayangkan karena prinsip ekonomi tak pernah masuk ke dalam kurikulum pendidikan di tanah air. Bahkan mereka yang mengambil kuliah di jurusan ekonomi pun banyak yang tak benar-benar paham. Beruntung bagi anak-anak yang mendapat pengertian mengenai ekonomi dari orang tua mereka. Tak perlu khawatir. Belum terlambat untuk mempelajarinya. Bila tertarik untuk mendapat gambaran umumnya, cukup melihat di situs Economic Principles yang disampaikan dalam Bahasa Inggris yang mudah dipahami.

Bahkan ada videonya yang dipresentasikan dengan animasi yang menarik dan mudah dipahami. Silakan mempelajarinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s