Satu Milyar

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar tentang satuan jumlahan uang sebesar satu milyar?

Tentu masing-masing orang memiliki perspektif yang berbeda. Bila dilihat dari kalkulasi matematika, satu milyar berarti seribu juta. Dengan kata lain, satu juta dikali seribu. Bila dideretkan angkanya menjadi 1.000.000.000. Angka sepuluh digit. Angka nol yang seringkali dianggap tidak artinya menjadi penting ketika berjejer di belakang angka satu tersebut.

Angka satu milyar memang sangat besar. Bahkan ketika melihatnya dalam konteks jumalahan uang, tidak semua orang bisa mengumpulkan atau memiliki uang sebesar satu milyar dalam hidupnya. Jutawan tak lagi hebat karena upah minimum nasional saja sudah lebih dari satu juta sehingga gaji kebanyakan orang sudah dalam hitungan juta. Tapi berbeda dengan milyarder karena jumlah orangnya tak sebanyak jutawan.

Apalagi bila menengok ke kanan kiri di mana banyak orang masih hidup dalam ambang bawah kemiskinan. Angka satu milyar sangat fantastis. Itu sebabnya banyak orang yang terperangah dengan barang dengan harga satu milyar. Semisal rumah atau rumah yang harganya tembus satu milyar. Sangat tak terjangkau.

Ukuran dalam besaran milyar memang sulit dibayangkan bagi kebanyakan orang. Lebih tak mudah lagi untuk memikirkan apa yang akan dilakukan dengan uang satu milyar.

Namun uang satu milyar bukan berarti tak bisa habis. Bisa saja bila tak becus menyimpan dan membelanjakannya. Bila bijak memakainya, satu milyar bisa membantu kehidupan seseorang dan orang-orang di sekitarnya.

Sebaliknya ada rasa getir ketika ada oknum pejabat negara yang melakukan korupsi uang negara; yang notabene adalah uang rakyat. Tak lagi dalam hitungan puluh atau ratus juta. Tapi tembus di atas angka satu milyar. Rasanya ironis ketika satu milyar raib masuk ke saku pribadi dan bukannya dibelanjakan untuk kesejahteraan rakyat banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s