Museum Sandi

Pagi ini karena kebetulan lewat saya iseng main ke Gedung Museum Sandi yang sepertinya misterius. Gedung museum tersebut merupakan gedung tua yang direnovasi untuk keperluan museum tersebut. Museum ini terletak di daerah Kotabaru di Yogyakarta.

Ternyata museum tersebut belum cukup lama berdiri. Sekira setahun beroperasi. Meskipun tatanan museumnya cukup bersih dan rapi, museum ini belum cukup membangkitkan keingintahuan pengunjungnya tentang persandian yang dipakai di dunia dan di Indonesia. Museum ini akan lebih baik lagi bila mampu menyampaikan cerita dan kisah persandian yang menyentuh dan misterius. Bukan hanya tempat memamerkan alat sandi jaman dulu. 

Namun ada sesuatu yang menarik yang bisa didapat di museum ini. Yaitu adanya informasi tentang Sekolah Tinggi Sandi Negara, tempat di mana para muda berbakat dididik untuk menjadi staf yang mengoperasikan alat-alat persandian untuk kepentingan negara. Sekolah tinggi tersebut berada di Bogor, Jawa Barat. 

Selain itu saya baru tahu bahwa Indonesia memiliki Lembaga Sandi Negara. Lembaga yang bernaung di bawah Kementerian Luar Negeri. Mungkin tak sekeren seperti organisasi rahasia yang ada di film-film Hollywood. Tapi jelas peranan lembaga ini untuk mengamankan komunikasi vital antar departemen dan bagian organisasi negara sangatlah penting. Hanya saja tidak terdengar peranan mereka bagi orang awam. 

Kembali tentang museum yang ingin mengenalkan perihal sandi-sandi kepada masyarakat luas. Museum ini bisa menjadi tempat yang menarik bagi mereka yang memiliki minat pada kriptografi, pertukaran kunci rahasia dan alat-alat sandi jaman dulu. Siapa tahu ada yang berminat menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Sandi Negara dan suatu saat nanti bekerja Lembaga Sandi Negara. 

Sebelum atau mengunjungi museum ini, ada baiknya bila menyempatkan diri untuk menonton film The Imitation Game. Film tersebut menggambarkan keterlibatan para ahli persandian dan ilmuwan, terutama Alan Turing, dalam memecahkan pesan sandi lawan perang di jaman Hitler. Film yang sangat relevan dengan segala hal yang berhubungan dengan persandian. 

http://www.youtube.com/watch?v=S5CjKEFb-sM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s