Kualitas Pelayan Toko

Tak semua toko memiliki pelayan toko yang berkualitas. Banyak toko yang menggaji pelayannya dengan sangat rendah. Alhasil yang bekerja menjadi pelayan toko adalah orang-orang yang mau digaji rendah. Entah itu ‘anak-anak’ yang baru saja lulus SMK, orang yang tidak memiliki kemampuan tertentu atau siapa saja yang mau dibayar murah. 

Tentu menggaji rendah berimbas pada profit karena biaya operasional bisa ditekan dengan maksimal. Namun ada hal yang merugikan yang tidak langsung bisa dirasakan dampaknya. Apa itu?

Kekecewaan pelanggan. Dan hal ini sangat fatal. Oleh karena pelayan toko digaji rendah, pelayanannya cenderung asal-asalan. Paling tidak pelayan toko seperti ini tidak mampu menarik orang yang datang ke toko untuk membeli. Apalagi untuk menjadi pelanggan tetap.
 
Coba perhatikan toko-toko yang tidak memiliki pelayan toko yang berkualitas. Umumnya pelayan toko cenderung membiarkan calon pembeli tanpa sapaan hangat. Bila ditanya ogah-ogahan. Dan bahkan alpa tidak berteimakasih setelah transaksi selesai dilakukan. Jelas mengecewakan para pembeli. 

Sedangkan toko-toko yang laris manis boleh jadi membayar gaji untuk pelayan tokonya dengan lebih baik. Toko-toko seperti ini sadar bahwa pelayan toko adalah aset berharga. Pelayan toko adalah ujung tombak toko yang berhadapan langsung dengan pembeli. Tak jarang pembeli memutuskan untuk melakukan pembelian hanya gara-gara pelayan tokonya ramah dan sigap melayani. 

Pelayan toko bagaimana pun adalah manusia yang pekerjaannya melayani dan berkomunikasi dengan manusia lainnya. Oleh karena itu pelayan toko yang dihargai oleh pemilik atau manajemen tokonya bisa memberikan pelayanan yang prima. Toko pun makin sering didatangi oleh pembeli yang akhirnya meningkatkan besaran pembelian. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s