Trotoar

Trotoar merupakan bagian yang terintegrasi dengan badan jalan. Kalau ada jalan tentunya ada trotoarnya. Kecuali jalan tol. 

Kalau tidak ada trotoar, pejalan kaki jelas akan kesulitan untuk berjalan dengan aman dan nyaman. Bila berjalan di atas aspal bisa-bisa terserempet kendaraan yang lewat. 

Trotoar, begitu juga dengan jalanan, merupakan tanda kemajuan infrastruktur suatu wilayah. Ada wilayah yang trotoarnya lebar dan nyaman. Begitu juga ada wilayah yang minus trotoar atau bila pun ada kondisinya memprihatinkan. 

Minimnya trotoar tentu akan membuat pejalan kaki urungkan niat. Lalu memilih untuk menggunakan kendaraan. Jalanan pun kian macet. 

Kalau berkaca di negeri sendiri rasanya prihatin karena makin banyak jumlah ruas jalan yang dibangun tapi tak selalu dilengkapi dengan trotoar. Di mana trotoarnya? Lupa menambahnya? 

Banyak orang, termasuk saya, mendambakan trotoar memadai yang eksis bersama ruas jalan sehingga bisa jalan-jalan dengan nyaman dan aman di negara sendiri. Tak perlu bagus-bagus dan sangat lebar, asalkan ada trotoar pun rasanya sudah senang. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s