Mengelola Pesan Email dengan Mozilla Thunderbird

Sudah lama saya tidak memakai email client bernama Mozilla Thunderbird. Namun hari ini saya kembali lagi memasang Mozilla Thunderbird di Mac untuk mengelola email yang ada di Gmail. 

Alasannya sederhana. Dengan mode online dan offline yang disediakan oleh email client dari Mozilla ini, proses menghapus pesan email yang tidak berguna lagi dan ingin dihapus menjadi lebih cepat. Jauh lebih cepat ketimbang melakukannya langsung dari antarmuka Gmail sendiri yang diakses langsung dari jendela browser Internet.

Setelah proses sinkronisasi email sudah selesai dilakukan — yang artinya pesan-pesan email yang jumlahnya ratusan semuanya sudah terunduh di email client — saya pun menfilter pesan email berdasar kelompok pengirimnya. Pesan email yang berupa newsletter langsung bisa dicari dan dihapus secara masal. Prosesnya cepat. Saat sinkronisasi pesan email, otomatis semua pesan yang dihapus tersebut lenyap dari email saya di Gmail. Dalam sekejap. 

Coba bila saya melakukannya melalui antarmuka Gmail secara online. Pastilah makan waktu puluhan menit atau beberapa jam tergantung dengan kecepatan Internet.

Mozilla Thunderbird dengan versi sekarang ini ternyata jauh lebih baik ketimbang versi terdahulu. Dan email client ini sudah berumur 10 tahun sejak versi awalnya dirilis. 

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s