Lagu Yogyakarta dari KLa Project

Ada beberapa lagu yang menurut saya berkesan dan membuat merinding saat mendengarnya. Salah satunya adalah lantunan tembang dari KLa Project berjudul ‘Yogyakarta’. 

Lagu yang bisa dikatakan lagu wajib Kota Yogyakarta ini memang sangat sering dilantunkan oleh banyak pemusik dan pengamen di kota yang terkenal akan Gudeg, pendidikan dan budaya ini. 

Sebagai orang Yogya yang lahir dan menghabiskan banyak tahun di kota ini lagu Yogyakarta ini memang sangat berkesan. Lirik lagunya gambarkan apa yang ada dalam kehidupan sehari-hari di kota ini. Iramanya mendayu enak didengar. Begitu mulai dimainkan alunan nadanya langsung terasa catchy. Satu hal yang terlintas di lagu ini yaitu suasana Yogya. Yang dirindukan oleh orang Yogya dan orang yang mengunjungi kota ini. 

Kemarin pun saat saya sedang mengudap Bakmi Pele (Raharjo) — yang buka sore hingga malam hari di pekarangan SD Keputran dekat dengan area Pagelaran di Alun-Alun Utara di dalam komplek Keraton Yogyakarta — satu grup pengamen membuka sajian musik mereka dengan lagu Yogyakarta dengan diiringi gitar, bass dan sejenis ketipung.   

Mendengar lagunya membuat saya langsung tercenung. Berhenti sejenak untuk melamunkan kota Yogyakarta. Sembari menikmati hawa dingin yang hadir bersama hujan di malam hari. Tersentuh. 

Dan baru kali ini saya menghargai dan betul-betul menikmati makan malam di suatu tempat di Yogyakarta dengan diiringi lantunan lagu-lagu dari pengamen jalanan. Rasanya sungguh berkesan.  

Merinding sembari goyangkan kaki dan jemari seirama dengan lantunan yang (mungkin) menjadi lagu wajib bagi para musisi jalanan. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s