Kategori dan Tag di WordPress

Kategori dan Tag di WordPress sepintas fungsinya sama. Nyatanya beda. Kategori berfungsi untuk membagi posting dalam beberapa kategori. Sedangkan Tag ditujukan untuk menyematkan beberapa tag (atau label) pada tiap postingan tergantung dengan relevansi isi postingan.

Coba bayangkan berkas (baca: folder) dalam Yahoo! Mail. Pengguna email membuat beberapa berkas yang definitif; semisal ‘Kantor’, ‘Rumah’, ‘Keluarga’. Pesan email yang terkait ‘Rumah’ bisa dimasukkan dalam satu berkas saja, yang mana dalam hal ini, paling sesuai bila pesan email dimasukkan ke berkas ‘Rumah’. 

Sedangkan pengguna Gmail lebih memilih menggunakan Tag pada tiap pesan email. Satu pesan email bisa disematkan beberapa Tag sekaligus; semisal ’travel’, ‘jalan-jalan’, ‘hotel’. Pencarian pesan email bisa ditemukan dengan mengetikkan Tag tersebut.

Itu analogi Kategori dan Tag yang hampir mirip dengan yang diterapkan di Yahoo! Mail (untuk kategori) dan Gmail (untuk tag); yang bisa memudahkan pemahaman saya sendiri tentang pemakaian Kategori dan Tag di WordPress.

Dan uniknya — yang jelas merupakan kesalahan saya sendiri — beberapa kali saya alpa mencampuradukkan keduanya. Alhasil di daftar Kategori, ada terlalu banyak kategori postingan. Yang terduplikasi dengan Tag-tag yang tersemat di sekian banyak postingan. Tak sengaja tercampur.

Pun saya malas merapikan hasil kesalahan Kategori dan Tag. Mungkin kapan-kapan (baca: kurang niat sehingga tidak ada batas waktu) saya akan menata daftar Kategori sehingga bisa lebih rapi. Tidak tercampur dengan sekian banyak Tag.

Omong-omong bagaimana dengan Anda yang suka blogging, apakah selalu menggunakan Kategori dan Tag dalam blog Anda?   

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s