Lintasan Kereta Api di Papua

Meskipun masih sebatas wacana, rencana pembangunan lintasan kereta api di Pulau Papua merupakan ide pembangunan yang banyak diidam-idamkan oleh penduduk Papua. 

Banyak penduduk Papua yang seumur hidupnya tidak pernah melihat dan menaiki kereta api. Transportasi yang ada di sana bergantung pada pesawat carter, mobil off-road dan perahu. Kereta api merupakan impian yang sepertinya mustahil untuk dibangun di pulau yang sebenarnya sangat luas wilayahnya. 

Kereta api akan membawa percepatan pembangunan karena mendukung akselerasi perpindahan orang dan barang di Papua. Makin banyak penduduk Papua yang bisa memiliki mobilisasi yang lebih tinggi untuk mengunjungi kota-kota yang lain. Barang-barang pun akan terdistribusi dengan lebih baik lagi sehingga harga barang pun bisa menjadi lebih murah dan terjangkau. 

Jelas pengadaan kereta api beserta jalur kereta dan stasiun membutuhkan investasi yang besar. Ratusan milyar untuk pembangunan yang akan waktu bertahun-tahun. 

Namun setelah infrastruktur kereta api digelar — baik secara bertahap atau menyeluruh secara sekaligus — kesejahteraan akan meningkat. Setiap titik stasiun akan menjadi wilayah yang berkembang karena akses terhadap barang yang lebih mudah. 

Investasi yang besar tersebut bisa diupayakan dengan usaha ekstra keras dari instansi pemerintahan, pengusaha lokal dan suntikan dana dari Penanaman Modal Asing. 

Semoga sistem kereta api bisa hadir di tanah Papua dalam waktu dekat. Tak terbayang seperti apa rasanya bisa duduk manis sembari menikmati pemandangan alam Papua yang masih asli dan asri dari jendela kereta api. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s