Mobil Sport dan Kemampuan Mengemudi

Banyak orang kini bisa mengemudikan mobil. Cukup dengan mengambil kursus stir mobil, lulus ujian dan layak mendapatkan Surat Ijin Mengemudi dari kepolisian. Apalagi banyak mobil sekarang yang menggunakan transmisi otomatis; tak lagi manual yang cukup sulit bagi kebanyakan orang. 

Namun beda halnya dengan mobil sport — yang lebih kerap disebut sebagai mobil mewah karena harga mobil sport yang luar biasa mahalnya. Tak hanya ratusan juta, mobil sport bisa menyentuh harga dengan kisaran luar biasa yang tembus nilai satu milyar. Mobil sport berbeda dengan mobil biasa karena mesinnya mampu menghasilkan belasan hingga puluhan kali tenaga kuda mobil pada umumnya.

Singkat kata mobil sport jelas sangat bertenaga. Oleh karena itu mengendarai mobil sport perlu kemampuan tersendiri. Perlu latihan khusus sesuai dengan karakter mobil sport tersebut.

Dengan kata lain, tak semua orang yang bisa mengemudikan mobil biasa sanggup duduk di belakang kemudi mobil dengan mesin yang tenaganya sangat besar tersebut.

Sayang tak semua orang paham bahwa aturan yang sederhana seperti di atas. Asalkan ada kesempatan membawa mobil sport yang kelihatan memukau dan cantik lalu berusaha mengemudikannya tanpa melihat kemampuannya sendiri. Banyak juga yang memang punya kemampuan membeli mobil sport karena mampu secara finansial. Tapi tidak memiliki kemampuan untuk mengendarai mobil sport.

Dan hasilnya bisa ditebak. Mobil sport menabrak pohon padahal jalanan sepi. Satu keluarga tewas karena mobilnya ditabrak oleh mobil sport yang dikemudikan oleh anak di bawah umur yang tak miliki SIM. Tabrakan antar mobil sport karena adu cepat di jalan tol. Dan masih banyak kisah tragis yang serupa. Hanya karena alpa bahwa mengemudikan mobil sport berbeda dengan mengendarai mobil biasa.

Herannya tetap ada orang tua yang berikan anak-anaknya mobil sport padahal usia anaknya masih belum cukup umur untuk kemudikan mobil. Sayang anak atau menjerumuskan anak ke pengalaman yang akan berakhir tragis?  

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s