Ponselholik

Ada satu kata untuk mengomentari ponselholik — ketergantungan memakai dan menatap ponsel dalam segala kondisi, kapan pun dan di mana pun — yang merebak di mana-mana yaitu prihatin. 

Mengendarai mobil sambil berbicara dengan ponsel. Membonceng di atas sepeda motor sembari sibuk bertukar pesan tanpa henti. Makan bersama keluarga atau teman di rumah makan tetapi masing-masing sibuk memeriksa Facebook atau Twitter. Berjalan-jalan di pegunungan dengan berseflie setiap saat. Membaca berita online ketika duduk di toilet. Begitu juga mengakses email di ponsel di tempat tidur hingga jatuh tertidur. 

Ponsel jaman sekarang memang canggih. Bisa membuka email, memperbarui status Facebook, mengunggah gambar ke Instagram, mengakses Internet, mengolah data dan tentunya mengirimkan pesan pendek dan menelepon. 

Kecanggihan tersebut membuat kehidupan pemakainya banyak terbantu. Sayangnya kemudian timbul ketergantungan yang kuat sehingga kalau tidak memegang dan mengoperasikan ponsel sebentar saja jadi berasa sakaw. Menjadi suatu bentuk kecanduan yang tak disadari; namun sangat mengganggu pemakainya sekaligus orang-orang yang berinteraksi di sekitarnya. 

Ponselholik bisa dicegah. Bisa pula ‘disembuhkan’ dengan cara yang relatif mudah. Yaitu secara sadar mengurangi waktu menggunakan ponsel. Bila perlu, ponsel bisa ditinggalkan dan disimpan sementara waktu ketika mandi, tidur, beribadah dan berolahraga. Mudah, bukan? 

Cara drastis juga bisa diterapkan bila tingkat ponselholik sudah sangat tinggi. Yaitu jual atau berikan ponsel canggih ke orang lain. Kemudian belilah ponsel yang sederhana; yang tidak bisa mengakses layanan Internet. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s