Laptop Minimalis, Teknologi Maksimal

Laptop jaman dulu beda dengan laptop era sekarang. Banyak kemajuan dalam sisi teknologi yang tak diketahui oleh banyak pemakai laptop. Asal bisa menggunakannya sudah cukup atau minimal sudah tahu spesifikasi umumnya.

Yang bisa dirasakan langsung oleh pemakai laptop adalah desain laptop yang mengalami perubahan yang signifikan. Laptop sekarang lebih tipis. Makin minimalis. Tak seperti produk laptop 5 tahun yang lalu yang biasanya memiliki dimensi yang tebal dan besar.

Tentu desain laptop sekarang bisa menjadi lebih ramping karena perubahan teknologi perangkat keras komputer. Proses miniaturisasi menjadi lebih maksimal. Hard disk menjadi tipis dengan dimensi lebih kecil tetapi memiliki kapasitas yang berkali-lipat lebih besar. Baterai laptop yang berat dan besar menjadi tipis datar.

Selain itu ada pendekatan yang berbeda dengan kebutuhan komputasi saat ini. Pembaca cakram optik dihilangkan karena tidak banyak orang yang membutuhkannya di laptop karena transfer data dan pengunduhan aplikasi yang bisa dilakukan melalui koneksi Internet nirkabel. Port telepon, printer dan monitor digantikan oleh koneksi USB yang lebih standar. Eliminasi bervariasi port model lama membuat desain laptop lebih ramping.

Kalau di jaman dulu orang bilang bahwa laptop tipis pasti mengorbankan performa. Beda dengan sekarang. Laptop terkesan dan terlihat makin minimalis tetapi sebenarnya teknologinya jauh lebih maksimal. Laptop-laptop terbaru memiliki performa setara dengan workstation atau server komputer pada belasan tahun yang lalu.

Hebat, bukan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s