Aplikasi Bagus Bikin Menulis Lebih Produktif

Kemajuan dalam dunia komputasi memberikan andil yang besar dalam menyediakan perangkat lunak yang makin canggih untuk membantu tulis-menulis. Lebih tepatnya ketik-mengetik. 

Mesin ketik sudah lewat. Ditinggalkan karena kurang efisien dibanding komputer. Sekarang mengolah kata berarti menggunakan suatu aplikasi di komputer. 

Pada umumnya saat ini sebagian besar orang mengolah kata dengan Microsoft Word; karena banyak orang menggunakan Windows PC. Microsoft Word terbukti handal untuk menuliskan artikel, laporan tahunan, skripsi, penelitian dan novel.

Namun banyak pula teks editor lainnya yang praktis dan mumpuni; tak seberat dan sekomplek Microsoft Word. Misalnya saja Evernote; yang bisa untuk menulis dan untuk mencatat-catat. Ada juga Notepad++ yang memiliki tampilan sederhana. 

Sedangkan kini banyak juga yang memakai Mac dengan Apple Pages. Uniknya pemakai Mac dimanjakan dengan beragam aplikasi pengolah kata yang tersedia, gratis atau berbayar, untuk mengolah kata. 

Salah satu pengolah kata yang saya pakai saat ini adalah Desk dari Desk.pm. Antar muka sederhana dan fungsinya optimal. Desk bisa dipakai untuk mengetik dan semua hasil ketikan secara otomatis tersimpan di komputer; tanpa harus menekan tombol Simpan berkali-kali. Desk bisa juga dipakai untuk memperbarui blog (beberapa blog sekaligus dari beberapa platform blog); tanpa harus repot login ke blog yang hendak diperbarui kontennya.

Boleh dibilang Desk merupakan pengolah kata yang paling pas untuk saya pribadi. Jauh lebih sesuai untuk keperluan saya ketimbang memakai Apple Pages atau textEdit. Desk memberikan pengalaman mengetik yang lebih praktis dan menyenangkan. Yang jelas lebih produktif. Bisa dibuka dan ditutup dengan cepat tanpa memboroskan memori komputer.

Tentu masing-masing orang memiliki preferensi yang berbeda. Asalkan aplikasinya bagus dan sesuai, mengetik menjadi lebih produktif, lebih cepat dan lebih efisien.

Catatan: saya bukannya ingin promosi Desk. Saya menuliskan artikel ini karena saya benar-benar puas menggunakan aplikasi berbayar yang telah saya beli ini. Siapa tahu ada orang lain yang masih mencari aplikasi mengetik yang bisa diandalkan dan mendapati aplikasi Desk ini sesuai dengan kebutuhan dan selera. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s