Ajakan Bermain Melalui Facebook

Terus terang saya masih heran bahwa masih ada saja orang yang memberikan invitation atau ajakan permainan yang terhubung ke Internet secara online kepada saya melalui Facebook.

Terakhir saya melihat notifikasi ajakan bermain Candy Crush Saga dari salah satu teman di Facebook. Salah satu permainan yang sangat populer. Banyak orang memainkannya. Sedangkan saya adalah salah satu orang yang tak pernah memainkannya.

Saya diamkan saja karena tidak relevan dengan saya. Lagipula ajakan bermain seperti itu pasti karena ingin menambah poin bonus yang berguna dalam permainan. Bukan karena teman yang mengajak tersebut ingat dengan saya atau ingin membuat saya rileks dengan memainkan permainan tersebut.

Tidak masalah bagi saya bila ada ajakan-ajakan seperti itu karena itu salah satu ‘kerepotan kecil’ karena terhubung dengan Facebook. Tidak perlu mengumpat atau memaki orang yang sudah mengajak bermain. Cukup diamkan saja bila memang tak ingin diajak bermain.

Yang saya prihatinkan adalah waktu yang dihabiskan dalam permainan sebenarnya bisa digunakan untuk banyak hal berguna lainnya. Semisal membaca buku, mengolah taman, membersihkan rumah atau sekedar menonton film yang bermutu.

Untuk orang yang suka bermain, mungkin lebih asyik bila bermain permainan papan (seperti catur, monopoli atau othello), permainan kartu (Kartu atau Uno) dan permainan yang melibatkan fisik. Lebih asyik karena bisa bermain dengan orang lain; ketimbang main sendiri dengan tablet atau ponsel pintar.

Tinggalkan Balasan

